6 Fakta Mengenai Kondisi Tubuh Wanita Harus Anda Tahu

6 Fakta Mengenai Kondisi Tubuh Wanita Harus Anda TahuTubuh wanita paling rentan terhadap beberapa kondisi medis tertentu. Tapi beberapa fakta mengenai tubuh wanita yang sebaiknya diketahui agar membuat mereka terhindar dari perawatan medis.

Dan berikut ini 6 Fakta Mengenai Kondisi Tubuh Wanita yang Sebaiknya Harus Anda Tahu

1. Riwayat kesehatan keluarga
Riwayat kesehatan keluarga seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol, kanker atau penyakit kronis lainnya yang jika terjadi pada orang tua anda maka anda berada pada resiko tertinggi untuk mengalaminya.

Dan hal tersebut bisa terjadi secara genetika dan dapat mempengaruhi kesehatan anda jika anda tidak segera mewaspadainya.

2. Tiga jenis penyakit yang anda harus tahu dalam hati
Kolesterol, tekanan darah dan indeks massa tubuh (BMI) merupakan hal yang sebaiknya diperhatikan.

Kolesterol tinggi dan tekanan darah keduanya dapat dipengaruhi oleh riwayat keluarga. Dan jika fakta tersebut terjadi pada diri anda maka segeralah untuk selalu mengontrol mereka melalui diet dan olahraga.

Adapun dengan indeks massa tubuh anda, hal ini merupakan ukuran yang digunakan oleh dokter anda untuk mengetahui apakah anda kelebihan berat badan atau obesitas.

Nah dengan mengawasi ketiga hal diatas maka sangat membantu anda dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Kram dan bercak antara periode
Bagi banyak wanita, kram adalah normal dan merupakan bagian dari periode bulanan mereka , tapi kadang-kadang kram dan bercak tersebut dapat menjadi tanda akan adanya sesuatu yang luar biasa.

Bagi kebanyakan remaja dan wanita di awal 20-an, kram disebabkan oleh kelebihan hormon prostaglandin. Namun pada wanita diatas 30 tahun, kram ini bisa menjadi tanda fibroid, polip atau endometriosis.

Oleh karena itu, jika anda mulai mengalami bercak antara periode maka segeralah konsultasikan hal ini pada dokter anda untuk memastikan apakah kram dan bercak tersebut karena fluktuasi hormon ataukah adanya kondisi medis yang lebih serius.

4. Nyeri dada bukan satu-satunya tanda serangan jantung
Nyeri dada bukanlah satu-satunya tanda serangan jantung. Bagi seorang wanita sebaiknya mewaspadai jika mereka merasakan nyeri di punggung atas, bahu, leher, rahang atau lengan. Beberapa kondisi tersebut bisa menjadi gejala awal menjelang serangan jantung.

5. Kanker kulit muncul di tempat-tempat yang tak terduga
Bagian wajah mungkin paling sering mengalami paparan sinar matahari langsung, tapi itu bukan satu-satunya tempat munculnya kanker kulit. Ada banyak tempat kanker kulit bisa muncul seperti kulit kepala, belakang leher dan bahkan bagian telapak kaki.

6. Alergi tidak hanya dari sekedar bersin
Alergi tidak hanya sebatas bersin atau mata berair saja, alergi dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, masalah pencernaan dan bahkan nyeri sendi.

Dengan melihat 6 Fakta Mengenai Kondisi Tubuh Wanita Harus Anda Tahu diatas maka sudah seharusnya anda selalu mewaspadainya jika anda menemukan gejala awal ditubuh anda.