Diet untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Diet untuk Mengatasi Tekanan Darah RendahDiet untuk tekanan darah rendah bagi penderita hipotensi biasanya sangat baik untuk mengelola tekanan darah ke level normal.

Bahkan dengan diet yang meningkatkan tekanan darah rendah juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengelola penyakit tertentu.

Dan berikut ini adalah beberapa tips diet untuk mengatasi tekanan darah rendah yang bisa kita terapkan dirumah, seperti:

• Mengkonsumsi dari semua kelompok makanan yang menyediakan nutrisi penting untuk tubuh khususnya makanan yang bisa menormalkan kembali tekanan darah.
• Membatasi asupan makanan karbohidrat tinggi seperti kentang, nasi, roti dan beberapa sumber karbohidrat yang disarankan oleh dokter anda.
• Menkonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara. Namun hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda karena kafein dapat menyebabkan masalah lain bagi kesehatan.
• Asupan makanan yang kaya sodium dapat membantu untuk meningkatkan tingkat tekanan darah. Namun, perlu diketahui pula bahwa kelebihan natrium dapat menyebabkan masalah jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter anda sebelum meningkatkan asupan garam ini dalam diet anda.
• Minum cukup air dapat meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi. Kedua hal tersebut sangat berperan untuk mengobati hipotensi. Minum delapan sampai sepuluh gelas air sehari adalah asupan yang disarankan.
• Anda juga dapat memilih jus buah dan sayuran untuk menghindari dehidrasi.
• Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi protein, vitamin B kompleks, Vitamin C adalah cara yang cukup tepat dalam mengelola tekanan darah rendah anda.

Dan termasuk diantaranya daging tanpa lemak, susu, telur dan buah jeruk dan beberapa jenis buah dan sayuran lainnya adalah pilihan yang baik dan sangat bijaksana untuk anda konsumsi.

Selain dengan beberapa diet untuk penderita tekanan darah rendah diatas, beberapa tips untuk mengatasi hipotensi dan mengurangi gejala yang disarankan seperti:

Hindari berdiri terlalu lama
• Hindari perubahan posisi yang tiba-tiba
• Mencoba dan menghindari lingkungan yang panas dan kering sejauh mungkin
• Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Jika tekanan darah anda turun terlalu rendah, segeralah hubungi dokter anda. Sambil menunggu bantuan medis, anda perlu duduk atau berbaring dan mengangkat kaki anda agar lebih tinggi dari permukaan jantung. Hal tersebut cukup membantu pengaliran darah kembali ke jantung dan otak sehingga bisa mencegah anda jatuh pingsan.