Gejala dan Cara Alami Mengatasi Hipotensi

Gejala dan Cara Alami Mengatasi HipotensiGangguan tekanan darah, baik tekanan darah tinggi (hipertensi) maupun tekanan darah rendah (hipotensi) sama-sama memiliki resiko kesehatan yang perlu segera mendapatkan perawatan yang tepat terhadapnya.

Penderita hipotensi yang parah bisa menyebabkan kerusakan jantung, otak, dan organ lainnya dan bisa menyebabkan kematian  jika tidak segera ditangani.

Gejala tekanan darah rendah mungkin termasuk diantaranya adalah pandangan kabur atau berkunang-kunang, pusing, pingsan, merasa kelelahan dan sering mengantuk hingga  mual atau muntah.

Untuk pengobatan hipotensi atau tekanan darah rendah yang masih dalam bentuk ringan tidak memerlukan pengobatan khusus dan hanya memerlukan penambahan elektrolit untuk memperbaiki kondisi.

Tapi jika hipotensi atau tekanan darah rendah tersebut sudah kronis maka memerlukan perhatian medis yang lebih serius. Misalnya dalam hal ini hipotensi akibat reaksi alergi atau infeksi atau shock.

Dan berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi hipotensi untuk membantu meringankan kondisi hipotensi yang dapat kita lakukan dirumah.

Cara Alami Mengatasi Hipotensi
• Meningkatkan asupan cairan dan mineral menyembuhkan dehidrasi. Minum air yang cukup (enam sampai delapan gelas sehari ) cukup membantu untuk mencegah dehidrasi yang sering menjadi penyebab tekanan darah rendah.
• Kekurangan atau kehilangan darah dapat diobati dengan transfusi darah dan cairan infus.
• Memastikan kelancaran aliran darah extremeties punggung bawah ke jantung.
• Jika hipotensi disebabkan oleh pengaruh penggunaan obatyang dikonsumsi, maka hal ini perlu dikonsultasi dengan dokter untuk mencari alternatif obat atau mencoba mempertimbangkan dosis obat yang akan diberikan .

• Mencoba mengatasi hipotensi dengan memanfaatkan ramuan herbal alami seperti kunyit, kayu manis, jahe dan merica bisa membantu dalam meningkatkan tekanan darah dan fungsi ginjal.

• Asupan sodium (garam) dapat membantu untuk mengganti elektrolit yang hilang karena dehidrasi dan bisa meningkatkan tekanan darah.

• Mengkonsumsi segelas jus lemon dengan menambahkan sejumput garam dan gula bisa menjadi obat alternatif lain dari hipotensi.

Jadi jika anda mengalami gangguan masalah tekanan darah rendah, anda tak perlu panik tetapi segeralah mencari cara mengatasi gangguan tekanan darah rendah anda baik dengan mengkonsumsi obat yang diresepkan oleh dekter anda maupun dengan mencoba cara alternatif lainnya.