Cara Alami Mengobati Tuberkulosis

Obat Alami Sembuhkan TuberkulosisTuberkulosis yang lebih dikenal dengan penyakit TBC ini adalah infeksi pernafasan menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberkulosis.

Meskipun tuberkulosis identi dengan penyakit pernapasan tetepi tuberkulosis juga dapat menginfeksi dan mempengaruhi organ-organ lain dari tubuh sebagai hasil penyebaran infeksi melalui kelenjar getah bening dan aliran darah.

Gejala umum tuberkulosis seperti kelelahan, batuk persisten (lendir bercampur darah pada stadium lanjut), sesak napas, penurunan berat badan, keringat malam, demam dan sensasi nyeri di dada.

Pada penyakit TBC yang tidak diobati dapat berakibat fatal karena menyebabkan kematian jaringan pada organ yang terinfeksi.

Tapi untungnya dengan kemajuan dibidang medis, perawatan yang tepat dapat membantu membunuh bakteri TBC ini, bahkan denganbeberapa perawatan alami juga mengatasi permasalahan TBC ini.

Dan berikut ini adalah cara alami mengobati TBC yang bisa anda cob adirumah seperti:

1. Bawang Putih
Bawang putih diperkaya dengan asam sulfat yang mampu membasmi kuman penyebab TB. Dan tidak hanya itu, bawang putih juga mengandung allicin dan ajoene yang berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

Untuk memanfaatkan bawang putih dalam mengatasi TBC ini cukup dengan merebus 1 ½ sdt bawang putih cincang, 1 cangkir susu dan empat cangkir air biasa.

Rebus bahan diatas hingga volumenya menyusut hingga tersisa seperempat dari volumenya saja. Dinginkan campuran tersebut lalu diminum tiga kali sehari.

2. Pisang

Pisang merupakan sumber nutrisi dan kalsium yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat membantu meringankan batuk dan demam.

Ambil pisang matang lalu lumatkan, tambahkan 1 cangkir air kelapa , ½ cangkir yogurt dan 1 sdt madu lalu aduk hingga rata. Mengkonsumsi bahan ini dua kali sehari.

Anda juga bisa minum jus dari batang bagian dalam tanaman pisang untuk meringankan gejala seperti batuk kronis, kelebihan lendir, keringat berlebih di malam hari dengan demam tinggi.

3. Jeruk
Jeruk memiliki banyak mineral dan senyawa esensial dan senyawa untuk melindungi tubuh dari infeksi sekunder serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tambahkan sedikit garam dan satu sendok makan madu dengan segelas jus jeruk segar. Campur secara menyeluruh lalu minumlah ramuan ini dua kali sehari, satu gelas di pagi hari dan satu lagi di malam harinya.

4. Lada hitam (merica hitam)
Lada hitam membantu membersihkan paru-paru yang pada gilirannya membantu meringankan nyeri dada yang berhubungan dengan TBC. Lada hitam juga bersifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh bakteri dan batuk terus-menerus.
Caranya, goreng delapan sampai 10 biji lada hitam (merica hitam) dengan menggunakan mentega dan tambahkan sejumput bubuk asafoetida dan biarkan hingga dingin.
“Bagi ramuan menjadi tiga bagian, satu dosis setiap beberapa jam”

5 . Teh Hijau
Teh hijau dapat membantu dalam pengobatan TBC karena kandungan antioksidan yang tinggi dan bersifat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan oleh senyawa polifenol yang dapat menghambat proliferasi bakteri penyebab penyakit.

Daun teh hijau juga bisa diseduh dengan air hangat untuk membuat teh. Jika daun teh hijau tidak tersedia, anda dapat dapat membeli tej hijau dalam bentuk kapsul yang banyak dijual d toko obat.

Demikianlah cara alami mengobati TBC diatas semoga ada manfaatnya untuk kondisi kesehatan anda. Dan jangan remehkan penyakit TBC ini dan segeralah memndapatkan perawatan medis dan kombinasikan pengobatan medis anda dengan memanfaatkan beberapa ramuan alami diatas untuk mempercepat kesembuhan penyakit TBC anda.