Solusi Alami untuk Sembuhkan Asam Urat

Solusi Alami untuk Sembuhkan Asam UratAsam urat adalah jenis arthritis yang dapat mempengaruhi bagian-bagian tubuh yang berbeda seperti telinga, sendi-sendi jari tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki atau lutut. Gejala asam urat sendiri termasuk nyeri akut, pembengkakan, nyeri intens dan peradangan pada sendi.

Penyebab asam urat yang pastinya belum diketahui, tetapi jumlah tinggi asam urat dalam tubuh adalah salah satu alasan penyebab asam urat. Beberapa kemungkinan lain yang menjadi penyebabnya adalah faktor genetika, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan, kurang olahraga fisik, asupan protein yang berlebihan dan keseringan stres.

Asam urat sering pula dikaitkan dengan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti hipertensi, diabetes dan batu ginjal asam urat sehingga sangat penting untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Beberapa rumah perawatan sederhana berikut dapat mempercepat penyembuhan dan setidaknya dapat mengurangi gejala.

Solusi Alami untuk Sembuhkan Asam Urat

1. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel yang sering digunakan untuk mengobati sakit kepala dan asam lambung, juga dapat membantu mengobati asam urat dan rematik.

Sifat asam yang terkandung dalam cuka sari apel akan membantu mengurangi rasa sakit yang sering muncul pada asam urat. Anda juga dapat menambahkan madu untuk obat ini untuk meningkatkan respon anti inflamasi tubuh.

Caranya, campurkan satu sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dan minum dengan dosis 2-3 kali sehari. Jika anda cocok menggunakan ramuan ini, anda bisa meningkatkan dosisnya hingga dua sendok makan.

Pilihan lain adalah dengan mencampur dua sendok makan cuka sari apel organik dengan dua sendok makan madu. Minum dua kali sehari (pagi dan menjelang tidur malam).

2. Jahe

Jahe termasuk tanaman yang memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu dalam mengurangi rasa nyeri dan peradangan karena asam urat.

Caranya, campur bubuk bubuk fenugreek, bubuk kunyit dan bubuk jahe masing-masing 1 sdt untuk secangkir air hangat lalu diminum dua kali sehari.

Cara lainnya adalah gunakan 1 ½ sdt jahe untuk pada secangkir air mendidih dan aduk sampai rata. Minumlah ramuan ini setidaknya sekali sehari.

Pilihan lainnya adalah buatlah pasta jahe dengan menambahkan air secukunya lalu lalu membalurkannya pada sendi yang terkena asam urat. Biarkan pasta ini selama 30 menit pada bagian yang terkena dampak.

3. Pisang

Kandungan kalium pada buah pisang akan membantu mencairkan kristal asam urat lalu mengeluarkannya melalui urin. Pisang juga mengandung jumlah sedang vitamin C yang efektif dalam mengatasi pembengkakan dan rasa sakit yang timbul karena asam urat.

Caranya, cukup dengan mengkonsumsi dua hingga 3 buah pisang setiap harinya hingga asam urat anda mulai membaik.

Solusi alami untuk sembuhkan asam urat diatas sudah sering dibuktikan dalam mengatasi masalah asam urat. Jadi, mungkin tak ada salahnya juga jika anda mencoba salah satu ramuan alami diatas.