Jenis-Jenis Salep untuk Atasi Jerawat

Jenis-Jenis Salep untuk Atasi JerawatSalep jerawat hadir dalam beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda dalam mengatasi jerawat berdasarkan penyebabnya.

Makanya seringkali kita salah dalam memilih salep dalam memberantas jerawat kita ketika kita asal dalam memilih salep jerawat.

Perlu kita ketahui bahwa salep jerawat dapat mengandung bahan aktif yang berbeda dan membasmi jerawat dengan cara yang berbeda-beda.

Beberapa jenis salep bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat. Salep lainnya bekerja dengan cara melakukan pengelupasan kulit, sementara salep lainnya membasmi jerawat dengan cara mengurangi kelebuhan minyak kulit sebagai cikal bakal pertumbuhan jerawat.

Kehadiran salep jerawat dengan beberapa jenis berdasarkan isi kandungannya seperti salep jerawat yang menggunakan bahan-bahan aktif seperti asam salisilat, benzoil peroksida, sulfur, resorsinol antibiotik dan retinoid.

Manfaat salep jerawat asam salisilat
Salep jerawat yang paling umum mengandung bahan aktif asam salisilat yang membasmi jerawat akibat penyumbatan pori-pori dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat.

Salep jerawat yang diperkaya dengan asam salisilat ini juga dapat membantu memecah segala jenis komedo dan mencegah pertumbuhan jerawat baru.

Asam salisilat umumnya ditemukan pada obat OTC anti jerawat dan tersedia dalam beberapa resep obat. Tapi kelemahan dari salep jerawat yang mengandung asam salisilat ini dapat menyebabkan iritasi kulit pada beberapa individu yang memiliki kulit sensitif.

Manfaat salep jerawat benzoil peroksida
Salep jerawat benzoil peroksida yaitu jenis salep jerawat yang diperkuat dengan benzoil peroksida. Benzoil peroksida ini merupan agen antibakteri yang mampu membasmi pertumbuhan bakteri P. acnes (bakteri yang menyebabkan pertumbuhan jerawat).

Salep jerawat benzoil peroksida biasanya sedikit aman dari iritasi kulit, tapi pada beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi terhadap benzoil peroksida dan dapat menyebabkan kulit kemerahan, kekeringan hingga mengelupas.

Salep jerawat yang mengandung bahan aktif ini dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Individu yang menggunakan obat ini harus menyadari pula bahwa hal itu bisa memutihkan rambut dan pakaian jika keseringan terkontaminasi benzoil peroksoda ini.

Manfaat salep jerawat sulfur
Salah satu jenis salep yang kurang umum digunakan adalah salep jerawat yang mengandung belerang sebagai bahan aktifnya.

Sulfur atau belerang ini bekerja dengan mempercepat pengeringan jerawat sekaligus untuk pengelupasan kulit yang berjerawat.

Salep jerawat yang diperkuat dengan belerang atau sulfur ini memiliki bau yang tidak menyenangkan dan dapat menyebabkan beberapa perubahan warna kulit.

Dan terkadang pula salep belerang ini juga mengandung resorsinol yang membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Salep jerawat antibiotik lainnya
Beberapa jenis salep jerawat antibiotik yang sering ditemukan dipasaran adalah salep jerawat yang mengandung klindamisin, eritromisin dan natrium sulfacetamide.

Ketiga bahan aktif ini dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat serta dapat mengurangi peradangan pada jerawat. Sayangnya, salep jerawat jenis ini juga dapat menyebabkan kemerahan , kekeringan, rasa gatal dan kulit mengelupas.

Salep jerawat retinoid
Jenis lain yang umum dari salep jerawat yaitu menggunakan retinoid untuk menghilangkan noda jerawat. Retinoid juga bekerja dengan melakukan pengelupasan kulit serta mencegah penyumbatan pori-pori kulit .

Efek samping dari penggunaan salep ini dapat menyebabkan sensitivitas matahari, kemerahan dan iritasi kulit pada beberapa jenis kulit.

Ada banyak jenis salep jerawat dan memiliki cara berbeda dalam menuntaskan gangguan kulit karena jerawat. Namun sayangnya sebahagian besar dari salep ini mengandung bahan bahan aktif yang bisa berefek negatif pada kulit.

Oleh karena itu jangan asal menggunakan salep jerawat tanpa sepengetahuan dari dokter kulit anda. Dan untuk lebih amannya, cobalah membuat ramuan herbal alami untuk atasi masalah jerawat anda.