Penyebab Nyeri Pada Rongga Mata

Penyebab Nyeri Pada Rongga MataPenyebab rasa sakit pada rongga mata umumnya disebabkan oleh tekanan pada saraf mata. Meskipun ada banyak alasan yang menjadi penyebab rasa sakit pada rongga mata.

Penyebab rasa nyeri pada rongga mata lainnya seperti gangguan mata, infeksi, alergi dan kemungkinan beberapa lemungkinan lainnya.

Dan untuk mengetahui secara pasti penyebab rasa sakit pada rongga mata diperlukan diagnosa medis.

Oleh karena itu para ahli kesehatan sangat merekomendasikan setiap individu untuk mencari bantuan medis jika mereka mengalami rasa nyeri persisten yang tidak hilang dengan sendiri atau tidak mempan dengan obat penghilang rasa sakit biasa.

Dan berikut ini adalah penyebab umum rasa sakit pada rongga mata yang mungkin mendasari rasa nyeri persisten yang terjadi.

1. Gangguan mata
Glaukoma merupakan kondisi mata yang serius dan merupakan salah satu penyebab paling umum rasa nyeri yang timbul pada rongga mata.

Individu yang menderita glaukoma memiliki masalah dengan saluran mata mereka sehingga cairan menumpuk dan menyebabkan jaringan di sekitar saraf mata membengkak.

Untungnya glaukoma ini cukup mudah diobati jika dapat terdeksi lebih awal, namun pada penderita glaukoma yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat dapat menyebabkan rasa nyeri yang berlebihan serta bisa menyebabkan kebutaan secara permanen.

Katarak mata adalah kemungkinan lain dari rasa nyeri pada rongga mata, tetapi dalam kasus ini rasa sakit biasanya disebabkan oleh faktor ketegangan mata.

Gangguan retina yang juga merupakan masalah dengan saraf yang menghubungkan bagian belakang mata perlu pula untuk dicurigai jika rasa nyeri permanen disekitar rongga mata anda.

Katarak dan retina dapat menyebabkan masalah pada visi seperti kesulitan melihat objek yang jelas secara vokus serta penglihatan mengabur yang disertai dengan rasa nyeri disekitar rongga mata.

2. Masalah neurologis
Optik Neuritis adalah kondisi neurologis dimana rasa kejang pada saraf optik dan lapisan sensitif di sekitarnya karena peradangan atau iritasi. Rasa sakit yang timbul di belakang mata ini sering dikira muncul dari rongga mata.

Pasien dengan tumor dan sekumpulan cairan dalam tengkorak dengan beberapa gejala seperti pembengkakan, penglihatan ganda dan tremor juga bisa mengembangkan rasa nyeri.

3. infeksi

Mata merah atau dalam medisnya sering disebut konjungtivitis ini terkadanga menimbulkan rasa nyeri disekitar rongga mata.

Rasa nyeri pada rongga mata juga bisa terjadi pada individu yang keseringan menderita infeksi mata seperti orang-orang yang ketika bola mata atau jaringan mata halus yang tergores, meskipun rasa nyeri ini sebenarnya bukan berasal dari rongga mata.

4. Alergi dan Peradangan
Pada individu menderita alergi musiman yang menyebabkan pembengkakan pada saluran mata juga dapat merasakan nyeri pada rongganya mata mereka.

Mata kering yang umum terjadi pada individu yang sering terkontaminasi dengan bahan kimia seperti klorin atau individu yang berdiam didaerah yang beriklim yang sangat kering juga dapat merasakan nyeri pada rongga mata mereka.

Pada beberapa pasien yang mengembangkan selulitis orbital, peradangan pada jaringan yang melapisi rongga mata juga dapat menyebabkan rasa nyeri, mata kering dan mata bengkak, serta penglihatan kabur dan perubahan visi lainnya.

5. Masalah Medis berhubungan

Tekanan dalam rongga mata juga bisa menjadi gejala penyakit yang tampaknya memiliki sedikit hubungannya dengan mata atau saraf optik.

Migrain, sinusitis, dan ketidakseimbangan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal juga menyebabkan rasa nyeri pada rongga mata.