Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Kulit yang Membesar

Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Kulit yang MembesarPori-pori kulit yang terbuka atau membesar dapat merusak kecantikan kulit kita dimana kulit terlihat lebih kasar. Bahkan pada Pori-pori kulit yang terbuka dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat dan komedo, utamanya pada mereka yang berjenis kulit berminyak.

Kelebihan sebum, kotoran dan bakteri dapat menimbulkan komedo yang cenderung membuat pori-pori lebih terlihat dan nampak lebih besar.

Paparan sinar matahari yang terlalu lama juga dapat menyebabkan pori-pori kulit terbuka dimana paparan sinar matahari tersebut menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit sehingga mengurangi elastisitas dinding saluran pori-pori kulit.

Demikian pula halnya dengan pertambahan usia menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya sehingga dapat melebarkan pori-pori kulit.

Beberapa faktor penyebab lain yang dapat berkontribusi dalam memperbesar atau melebarkan permukaan pori-pori kulit seperti genetika, stres dan perawatan harian kulit yang kurang tepat.

Meskipun ada beberapa produk kosmetik mampu mengatasi masalah ini tapi perlu diketahui pula bahwa membesarnya pori-pori kulit merupakan hal yang alamiah dan tidak dapaat sepenuhnya diatasi dengan produk kosmetika.

Selain dengan kosmetika, cara mengecilkan pori-pori kulit yang membesar bisa dikecilkan dengan beberapa bahan alami seperti dibawah ini:

1. Es batu
Es batu merupakan solusi paling murah dan mudah untuk mengecilkan pori-pori kulit yang membesar. Efek dingin dari es batu mampu mengencangkan kulit. Hal ini juga akan merangsang sirkulasi dan merangsang kehadiran kulit yang lebih sehat.

Caranya, bungkus es batu tersebut dengan kain bersih dan diamkan pada permukaan pori-pori yang membesar tersebut selama 15 sampai 30 detik. Lakukan cara ini beberapa kali sehari.

2. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memiliki sifat astringent alami dan toner kulit yang baik sehingga dengan memanfaatkan cuka sari apel tersebut mampu mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori kulit dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Sifat antimikroba dan sifat anti-inflamasi yang ada pada cuka sari apel sehingga juga berkhasiat dalam mengatasi pertumbuhan jerawat.

Caranya memanfaatkannya yaitu dengan terlebih dahulu menambahkan air pada cuka sari apel dengan komposisi yang sama kemudian rendam bola kapas dalam larutan dan menerapkannya ke wajah lalu biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.
Untuk hasil terbaik, gunakan ramuan ini setiap malam setelah membersihkan wajah lalu menerapkan pelembab ringan.

3. Masker putih telur

Putih telur juga ssering digunakan untuk mengecilkan pori-pori yang membesar karena putih telur ini dapat mengencangkan kulit. Masker putih telur juga bagus untuk mengangkat kelebihan minyak pada permukaan kulit.

Caranya, mengocok putih telur terlebih dahulu sebelum dioleskan secara merata di wajah anda. Biarkan hingga mengering kemudian bilas hingga bersih.

Untuk hasil yang lebih baik, tutup wajah anda dengan beberapa lembaran tissu setelah menerapkan masker anda. Lakukan cara ini dua kali seminggu secara teratur.

Cara lainnya adalah kocok dua butir putih telur lalu mencampurnya dengan air lemon ½ buah. Oleskan ramuan tersebut secara merata diwajah anda lalu membiarkannya selama 10 menit sebelum dibilas dengan dengan air dingin. Ulangi cara ini beberapa kali seminggu selama satu bulan.

4. Scrub Gula

Campurkan minyak zaitun 1 sdm dengan gula 2 sdm dan beberapa tetes jus lemon. Gosok dengan lembut pada kulit anda selama 20 sampai 30 detik lalu bersihkan dengan air dingin. Gunakan secara teratur, sekali atau dua kali seminggu.

5. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang berkhasiat untuk menghilangkan minyak yang berlebihan pada permukaan kulit, mengangkat sisa make up dan sel kulit mati sehingga secara tidak langsung dapat meminimalkan munculnya pori-pori yang melebar.

Manfaat yogurt ini juga mampu mengurangi keriput dan garis-garis halus yang biasanya muncul disekitar sudut mata luar, dahi dan pipi.

Caranya, tambahkan tepung gram 1 sdm dengan yoghurt 2 sdm. Oleskan pasta ini pada wajah anda lalu membiarkannya selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Dan lakukan cara ini dua kali seminggu selama empat minggu atau lebih

Untuk kulit berminyak dan jerawat berlebihan, tambahkan pasta diatas dengan dua tablet aspirin (dihancurkan menjadi bubuk halus) dan satu putih telur. Biarkan selama 15 sampai 20 menit, dan kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi ritual ini dua kali dalam seminggunya.

Demikianlah cara alami mengecilkan pori-pori kulit yang membesar diatas, semoga ramuan diatas dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kecantikan kulit anda.