5 Penyebab Nyeri Perut Kiri Bawah

5 Penyebab Nyeri Perut Kiri BawahNyeri perut kiri bawah adalah gangguan kesehatan umum yang mempengaruhi hampir disemua kalangan, baik laki-laki maupun wanita.

Nyeri perut kiri bawah ini bisa dipengaruhi beberapa organ tubuh dimana beberapa organ tubuh kita berada disekitar perut sebelah kiri, misalnya usus besar, usus turun, kolon sigmoid, usus kecil, tuba fallopi dan ureter.

Jadi untuk memastikan penyebab nyeri perut kiri bawah ini perlu dikonsultasikan dengan dokter keluarga anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat mengenai gangguan nyeri perut kiri bawah anda.

Individu yang menderita nyeri perut kiri bawah biasanya mengalami gangguan penyakit kronis atau akut di sepanjang daerah yang terkena dampak sebagai akibat dari berbagai infeksi.

Untuk mengetahui apa penyebab nyeri perut kiri bawah, berikut beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya.

5 Penyebab Nyeri Perut Kiri Bawah

1. Divertikulitis
Divertikulitis merupakan gangguan medis berupa peradangan pada divertikulum yang sebahagian besarnya sering dialami oleh orang telah berusia lanjut. Divertikulitis ini dapat menyebabkan rasa nyeri dibagian kiri perut.

Rasa sakit yang tiba-tiba muncul sebagai akibat dari pembentukan tonjolan sepanjang dinding usus kiri lalu diikuti oleh berbagai gejala lainnya seperti demam, sembelit, diare dan muntah.

Divertikulitis yang masih dalam Infeksi ringan bisa diobati dengan perubahan pola makan, istirahat dan mengkonsumsi antibiotik. Namun dalam kasus-kasus serius biasanya hanya bisa diatasi dengan pmenempuh operasi dan pilihan pengobatan lanjutan lainnya.

2. Gangguan ginjal
Nyeri perut kiri bawah juga bisa terjadi karena adanya gangguan pada ginjal. Sebagi contoh, Infeksi pada saluran urin dan batu ginjal dapat menyebabkan nyeri disepanjang pangkal paha atau punggung bawah.

Gejala infeksi pada ginjal ini dapat dikenali dengan beberapa gejala termasuk diantaranya adalah perubahan warna urin seperti urin berwarna kecoklatan, sedikit kemerahan. Gejala lainnya seperti sering ingin buang air kecil, muntah, mual, iritasi perut dan rasa sakit saat buang air kecil.

3. Kolitis ulserativa
Penelitian medis terbaru juga mengungkapkan bahwa kolitis ulserativa adalah penyebab utama dari nyeri perut bagian bawah perut sebelah kiri dan bisa mempengaruhi baik pada pria maupun wanita.

Kolitis ulserativa adalah gangguan inflamasi pada usus besar atau kolon yang kemudian mempengaruhi bagian divertikula dari saluran pencernaan.

Hal ini sebagian besar ditandai oleh adanya nyeri perut, demam, diare berdarah, penurunan berat badan , kram dan kelelahan.

4. Obstruksi usus
Obstruksi usus merupakan kondisi umum yang terjadi sebagai akibat dari kurangnya aliran yang tepat dari cairan dan makanan melalui sistem pencernaan sehingga menyebabkan rasa sakit di sisi kanan bawah perut.

Orang yang terkena mungkin mengembangkan sembelit parah, nyeri perut, muntah dan beberapa gejala penyumbatan usus lainnya.

5. Kanker usus besar

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, nyeri perut sisi kiri bagian bawah karena adanya kanker usus besar memiliki kesempatan lebih tinggi mengalami nyeri di sisi kiri perut bagian bawah.

Pada kasus yang sama juga berlaku untuk orang yang menderita sistitis, gastritis, kista ovarium, endometriosis dan pankreatitis.

Gejala infeksi pada beberapa gangguan tersebut  sangat mirip satu dengan yang lainnya karena gejalanya sebagian besar ditandai dengan iritasi di sepanjang perut, muntah, mual, kelelahan, penurunan berat badan dan nyeri buang air kecil.

Oleh karena itu, bagi yang menderita nyeri perut sisi kiri bawah perlu dikonsultasikan dulu pada dokter ahlinya mengenai apa penyebab dan cara mengatasi nyeri perut kiri bawah ini.