Penyebab Pembengkakan pada Kelopak Mata Anak

Penyebab Pembengkakan pada Kelopak Mata Anak Penyebab pembengkakan pada kelopak mata anak umumnya disebabkan oleh infeksi, alergi ataupun karena trauma oleh beberapa benda atau mainan anak.

Untuk penyebab pembengkakan mata pada anak karena infeksi dan dan alergi biasanya pembengkakan ini sering kambuh hanya beberapa hari setelah pembengkakan mereda.

Jadi, jika anak anda sering mengalami mata bengkak disekitar kelopak mata atasnya maka hanya dua kemungkinan umum yaitu infeksi ataukah karena alergi.

Perlu diketahui pula bahwa pembengkakan kelopak mata anak ini bisa lebih serius sehingga perlu dikon pada dokter anak untuk diagnosis sehingga mendapatkan rencana perawatan untuk menghindari kerusakan pada mata atau penglihatan anak anda. Dan Berikut adalah penyebab pembengkakan mata dan bagaimana gejalanya:

Pembengkakan kelopak mata karena Infeksi
Bakteri dan virus adalah penyebab infeksi yang paling umum dari pembengkakan kelopak mata pada anak-anak.
Konjungtivitis atau penyakit mata yang menular adalah infeksi umum dari bagian putih mata yang dapat menyebabkan pembengkakan kelopak mata. Gejalanya mungkin gatal atau terasa panas disekitar mata dan menghasilkan air mata yang ekstra.

Konjungtivitis merupakan penyakit yang sangat menular dan mudah menyebar dari satu anak ke anak-anak lainnya.
Konjungtivitis bakteri diobati dengan obat topikal. Conjunctivitis viral biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3 sampai 5 hari.

Selulitis orbita
Periorbital dan orbital selulitis juga dapat menyebabkan pembengkakan kelopak mata. Selulitis periorbital adalah infeksi bakteri yang biasanya didahului oleh infeksi sinus pada anak-anak. Bakteri ini akan menginfeksi kulit di sekitar mata, termasuk pada kelopak mata anak.

Kondisi ini dapat memburuk dan berkembang menjadi selulitis orbita jika infeksi terjadi di belakang mata sehingga menyebabkan abses. Gejala lain termasuk penglihatan kabur, mata kemerahan, sakit kepala, penglihatan ganda dan menggembung mata.

Selulitis periorbital membutuhkan antibiotik, tetapi selulitis orbital mungkin memerlukan antibiotik intravena dalam jangka panjang atau intervensi bedah.

Jika anak anda mangalami gejala-gejala tersebut segera hubungi dokter anak anda karena meskipun Selulitis periorbital jarang terjadi namun dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau bahkan kematian.

Pembengkakan kelopak mata karena alergi
Alergi adalah penyebab umum lain dari kelopak mata bengkak. Alergi ini bisa didapatkan melalui makanan, obat-obatan ataupun karena alergi deterjen tertentu.

Jika kondisi pembengkakan mata anak begitu parah dan merasakan nyeri saat membuka mata atau melirik maka segera hubungi dokter anak anda. Terlebih lagi jika pembengkakan pada kelopak mata anak anda diserta demam tinggi atau mengalami penglihatan yang kabur.