Penyebab Pembengkakan Vulva dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pembengkakan Vulva dan Cara MengatasinyaMenanggapi pertanyaan pembaca dunia medis mengenai apa penyebab pembengkakan pada vulva dan tindakan apa yang harus dilakukan jika sedang mengalami hal ini.

Salah satu gangguan pada vagina yang sering dikeluhkan oleh banyak wanita adalah pembengkakan vulva.
Vulva sendiri merupakan organ eksternal genital wanita dengan beberapa bagian struktur anatomi meliputi bibir pembukaan vulva (Labia minora dan labia mayora), pusat saraf dan rangsangan (klitoris) dll.

Pembengkakan vulva, juga dikenal sebagai vulvitis yang dapat disebabakan oleh banyak hal penyebab paling umum adalah reaksi alergi pada kulit ataupun karena pengaruh infeksi mikroorganisme yang menyebabkan pembengkakan pada vulva.

Pembengkakan vulva yang terjadi mungkin karena kesalahan dalam memilih sabun mandi atau alat pembersih vagina, pengaruh pembalut ataupun karena pengaruh pakaian dalam yang digunakan.

Untuk meringankan atau mengatasi pembengkakan, coba kompres dengan air dingin pada daerah yang membengkak. Kurangi douching vagina biasanya cukup membantu dalam meringankan gejala pembengkakan.

Terkadang pula, untuk mengatasi pembengkakan vulva kita harus mengkonsumsi obat antibiotika jika pembengkakan disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Namun hal ini sebaiknya atas resep dokter atau ahli medis.

Nah, demikianlah uraian singkat mengenai penyebab vulva membengkak dan tindakan yang dilakukan saat mengalami kejadian seperti ini. Dan semoga hal ini bisa memuaskan hati pembaca dunia medis.