Cara Meningkatkan Pelumas Vagina

Cara Meningkatkan Pelumas VaginaCara meningkatkan pelumasan vagina dapat dilakukan dengan penggunaan obat-obatan alami, perubahan diet dan melalui penggunaan pelumas yang cukup tersedia saat ini.

Kurangnya pelumas vagina (vagina kering) merupakan masalah utama setiap wanita menopause dan tidak menutup kemungkinan juga bisa dialami oleh wanita muda atau wanita yang masih aktif karena faktor ketidak seimbangan hormon.

Seperti kita ketahui pula bahwa vagina merupakan organ yang sangat sensitif dan sangat mudah mengalami iritasi jika kekurangan pelumas utamanya saat berhubungan intim.

Kekurangan pelumasan vagina juga bisa menimbulkan rasa sakit akibat gesekan yang pada akhirnya menimbulkan luka lecet dan infeksi.

Oleh karena itu bagi wanita yang masih aktif dalam berhubungan badan, perlunnya menjaga organ intim gara tidak mengalami yang namanya kekurangan pelumas.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya diatas bahwa penurunan lubrikasi vagina dapat diobati secara alami melalui perubahan diet, penggunaan pelumas maupun dengan obat herbal alami.

Dan berikut ini adalah cara meningkatkan pelumas vagina yang sedang mengalami penurunan cairan akibat menopause dan pengaruh ketidak seimbangan hormon estrogen.

Tingatkan pelumasan vagina pasca menopause
Kebanyakan wanita yang telah mencapai menopause mengalami penurunan lubrikasi vagina setelah menopause karena pengaruh kekurangan hormon estrogen.

Asupan makanan yang kaya fitoestrogen akan membantu dalam meniru kinerja estrogen sehingga bisa mencegah dan mengatasi masalah vagina kering.

Beberapa jenis makanan yang dianjurkan bagi wanita yang sedang mengalami penurunan lubrikasi vagina mereka seperti isoflavon kedelai, biji rami, ceri, seledri, ceri dsb.

Tingkatkan lubrikasi dengan asupan asam lemak
Cara meningkatkan pelumasan vagina yang cukup efektif yaitu dengan meningkatkan asupan asam lemak omega 3 dalam diet mereka.

Beberapa sumber asam lemak omega 3 ini bisa didapatkan dari biji wijen, biji bunga matahari, labu mentah, dan beberapa jenis ikan seperti tuna, makarel dan salmon.

Tingkatkan lubrikasi dengan vitamin
Cara meningkatkan pelumasan vagina lainnya seperti mengkonsumsi suplement vitamin A dan vitamn B.
Supositoria vitamin E maupun vitamin A juga dapat membantu dengan pelumasan vagina tapi harus atas resep dan pengawasan dokter keluarga anda.

Selain cara peningkatan pelumasan vagina diatas, bagi wanita yang ingin mencegah terjadinya vagina kering atau sedang berusaha meningkatkan lubrikasi vagina mereka, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti mencukupi hidrasi tubuh serta menghindari asupan kafein, alkohol dan minuman lain yang bersifat diuretik karena hal tersebut memiliki efek pengeringan pada saluran vagina.

Hindari douching vagina yang terlalu sering, apalagi jika menggunakan sabun yang beraroma keras atau  bahan pembersih vagina yang berbahan kimia keras karena hal ini akan merusak keseimbangan pH vagina.