Cara Mengatasi Kulit Kering Menurut Medis

Cara Mengatasi Kulit Kering Menurut MedisCara mengatasi kulit kering saat ini sangat banyak tips yang bisa kita coba dirumah. Mulai dari krim, masker, lotion, hingga diet dan asupan suplement khusus.

Namun perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua tips itu cocok untuk anda gunakan meskipun tips tersebut mungkin sangat manjur untuk sebahagian orang dalam mengatasi kulit kering mereka.

Makanya, tidak heran jika terkadang kita telah mencoba beberapa tips mengatasi kulit kering namun hasilnya belum memuaskan hati kita.

Nah bagi anda yang belum menemukan tips terbaik dalam mengatasi kulit kering anda mungkin tak ada salahnya untuk mencoba cara medis dalam mengatasi kulit anda.

Sebenarnya untuk mengatasi kulit kering sangatlah mudah jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab utama kulit anda menjadi kering karena kulit kering sendiri sangat banyak faktor penyebabnya.

Faktor penyebab kulit kering secara umum karena pengaruh paparan berlebihan dari AC, paparan sinar matahari, pengaruh sabun atau deterjen keras, faktor penuaan dan kadang-kadang juga bisa karena pengaruh diet dan dehidrasi.

Dengan mengetahui kemungkinan penyebab kulit kering anda maka untuk mengatasinya cukup dengan menghindari penyebabnya lalu mencoba melakukan perawatan yang tepat untuk kondisi kulit kering anda.

Beberapa bentuk perawatan untuk masalah kulit kering dapat anda lihat pada pembahasan singkat dibawah ini:

1. Vitamin dan Minyak Alami
Minum banyak air adalah salah satu cara untuk mengatasi kulit kering, tapi jika tidak cukup dalam mengkonsumsi air maka kulit bisa menjadi kering.

Dalam kondisi kulit yang kering tentu membutuhkan bantuan tambahan. Kita bisa menggunakan krim perawatan kulit yang diperkaya dengan Vitamin E. Vitamin E ini telah terbukti sangat efektif dalam mengatasi kulit kering.

Dan untuk mempercepat efek dari krim tersebut, anda mengkonsumsi kapsul vitamin E yang membantu pelembaban kulit dari dalam.

2. Diet dan nutrisi yang cukup

Diet dan nutrisi yang cukup dibutuhkan untuk menndukung kesehatan kulit anda. Anda bisa mengkonsumsi ikan segar ataupun dengan meningkatkan asupan asam lemak esensial yang ada pada biji rami.

3. Perawatan kulit kering

Kulit kering juga bisa diatasi dengan bantuan terapi intensif dengan menerapkan pelembab lotion pada, krim malam dan bebberapa jenis kosmetika yang bisa meningkatkan kelembaban kulit anda.

4. Masker pelembab

Anda juga dapat menerapkan masker pelembab kulit yang baik, utamanya masker yang dibuat dari bahan-bahan alami. Masker ini bisa didapatkan pada toko kosmetika ataupun anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Jika anda lebih memilih membuat masker pelembab untuk kulit kering sendiri dirumah, dunia medis dapat menyarankan beberapa tips pelembab kulit kering untuk anda, seperti:

  • Buat pasta dari 1 sdt jus jeruk, satu butir kuning telur dan minyak zaitun 1 sdt serta beberapa tetes air mawar dan air jeruk nipis. Oleskan pasta anda di pagi hari 15 menit sebelum mandi. Lakukan cara ini cukup sekali dalam dua hari atau disesuaikan dengan keinginan anda.
  • Masker kulit kering lainnya seperti campuran dari satu sendok teh krim asam dengan 1 kuning telur mentah. Aduk kedua bahan hingga merata lalu oleskan masker selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air biasa.
  • Cara lainnya adalah buatlah pasta dengan mencampur satu mentimun kecil dan satu cangkir oatmeal. Campurkan 1 sendok teh pada pasta ini dengan susu 1 sendok teh malai dan biarkan selama 30 menit , lalu bilas dengan air hangat.

Demikian cara mengatasi kulit kering diatas semoga anda bisa mengembalikan kulit kering anda menjadi lembab sepanjang hari. Dan jangan lupa untuk selalu memproteksi kulit disaat anda berada dibawah terik matahari.