Proses Terbentuknya Asam Urat

Proses Terbentuknya Asam UratMungkin anda sering bertanya apakah penyakit asam urat itu sesungguhnya? Bagaimana proses terbentuknya asam urat dan apa dampaknya pada kesehatan kita?

Pada pembahasan kali ini lebih difokuskan pada bagaimana proses terbentuknya penyakit asam urat dengan sedikit menyinggung terlebih dahulu apa itu asam urat.

Asam urat adalah produk limbah alami tubuh yang terbentuk melalui proses pencernaan makanan. Semua manusia menciptakan asam urat dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya khususnya makanan yang tinggi purin.

Umumnya setiap individu mengangkut sekitar 70 persen asam urat tubuh melalui ginjal dan kemudian akhirnya dibuang melalui urin saat buang air kecil.

Sebenarnya asam urat ini sangat penting untuk manusia sebagai penyuplai electron yang tinggi serta menguatkan system antioksidant. Bahkan, asam urat ini bertanggung jawab atas setengah dari kemampuan antioksidan plasma darah tubuh.

Namun dibalik manfaatnya untuk tubuh, kelebihan asam urat ini juga bisa menyebabkan gangguan kenyamanan kita. Kondisi kelebihan kadar asam urat atau asam urat yang abnormal ini dikenal sebagai hyperuricemia yang merupakan penyebab umum dari terbentuknya batu ginjal dan asam urat.

Nah untuk mengetahui bagaimana proses terbentuknya asam urat ini, berikut pemaparan singkatnya:

Asam urat terbentuk melalui metabolisme purin. Jaringan tubuh manusia sendiri secara alami mengandung tingkat purin tertentu . Demikian pula halnya pada setiap jenis makanan yang juga memiliki tingkat purin yang berbeda-beda.

Seperti pada beberapa jenis makanan tertentu seperti daging (organ-organ hewan khususnya) diketahui memiliki konsentrasi purin yang sangat tinggi termasuk didalamnya adalah hati dan otak dari hewan.

Beberapa jenis daging lainnya seperti ikan asin, kerang-kerangan, ikan sarden dan lain sebagainya. Sementara pada tanaman yang mengandung purin di moderasi termasuk bayam , kacang polong hijau , kacang-kacangan , oatmeal, kembang kol dan kacang.

Ketika seseorang secara intens mengkonsumsi makanan yang mengandung purin maka tubuh akan memecah purin ini melalui proses pencernaan sehingga menghasilkan xanthine dan hipoksantin setelah proses oksidasi oleh enzim xantin oksidase yang menghasilkan asam urat.

Dan pada sebahagian orang yang mengontrol tingkat asam urat dalam darah mereka tidak menimbulkan masalah apapun. Namun, orang yang mengikuti diet yang mengandung jumlah tinggi seafood atau daging diketahui memiliki peningkatan risiko mengembangkan penyakit asam urat yang dalam medisnya sering diistilahkan dengan gout.

Gout atau penyakit asam urat merupakan bagian dari penyakit arthritis yang disebabkan dari kelebihan asam urat dan batu ginjal, pengendapan asam urat pada ginjal menyebabkan rasa sakit yang sangat parah akan dirasakan oleh penderitanya.