6 Cara Mengatasi Demam Rematik

6 Cara Mengatasi Demam RematikSelain dengan cara medis, obat alami bisa digunakan untuk meringankan rasa sakit karena demam rematik ini.
Seperti kita ketahui bersama bahwa demam rematik merupakan hasil dari infeksi streptokokus. Infeksi yang disebabkan bakteri streptokokus ini menyebabkan peradangan pada tenggorokan.

Demam ini paling sering dialami oleh anak-anak yang berusia antara 3 hingga 18 tahun dimana biasanya anak seusia ini belum begitu memperhatikan masalah kebersihan dan kerap mengabaikan masalah makanan yang higienis atau tidak.

Perlu diketahui pula bahwa infeksi streptokokus juga dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh penderitanya seperti jantung, otak dan sendi.

Dan jika infeksi telah mempengaruhi jantung maka besar kemungkinannya akan menyebabkan kerusakan permanen katup jantung yang dapat dikenali dengan beberapa gejala seperti nyeri, peradangan dan kekakuan pada sendi besar seperti lutut serta disertai demam.

Demam rematik ini meskipun sudah dapat disembuhkan tapi terkadang bisa kambuh kembali dan kemungkinan besar dampaknya semakin parah dibanding pada saat infeksi pertama.

Nah untuk itu, segera minta pertolongan pada medis jika anda mengalami demam rematik ini. Selain itu anda juga bisa mencoba beberapa bahan alami dibawah ini yang bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh demam rematik ini seperti:

1. Kompres dengan air hangat
Untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri pada persendian, cobalah mengompresnya dengan air hangat pada bagian sendi yang meradang hingga beberapa kali. Untuk peradangan pada tenggorokan, kompreslah dengan air dingin.

2. Almond
Makan almond untuk mendapatkan vitamin E dalam dosis harian bisa menghambat pertumbuhan bakteri selanjutnya. Selain itu almond merupakan sumber antioksidan yang bisa meningkatkan system imun tubuh untuk melawan bakteri penyebab demam rematik tersebut.

3. Yogurt
Yogurt salah satu sumber bakteri yang baik yang bisa melawan bakteri pathogen. Yogurt ini secara tidak langsung bisa meningkatkan system imun tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih untuk melawan bakteri.

4. Bawang putih
Menkonsumsi bawang putih mentah atau mencampurnya dengan teh hijau dapat membantu mengurangi demam rematik. Bawang putih adalah obat herbal yang mengandung sifat anti-jamur yang berguna untuk memerangi segala macam infeksi dan efekyang ditimbulkan oleh mikroba-mikroba pathogen tersebut.

5. Asam lemak omega
Asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada minyak ikan dan biji rami dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh demam rematik. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat mempercepat waktu pemulihan dari demam.

6. Cukupkan asupan vitamin C
Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri penyebab demam rematik.
Demikianlah 6 cara mengatasi demam rematik diatas dan semoga bisa menjadi masukan yang bermanfaat dalam mengatasi demam anda. Dan jangan lupa selalu mengkonsumsi air untuk mwncukupkan hidrasi tubuh anda.