Cara Membuat Kondisioner Rambut Dirumah

Cara Membuat Kondisioner Rambut DirumahMembuat kondisioner sendiri memang sedikit merepotkan namun dengan membuat kondisioner sendiri dirumah kita bisa memilih bahan pelembab rambut yang benar-benar berkhasiat dan tanpa bahan kimia yang dapat merugikan kesehatan rambut kita.

Kondisioner rambut buatan sendiri tentunya juga bisa menghasilkan pelembab yang jauh lebih efektif dari kondisioner yang dijual.

Beberapa bahan pelembab rambut alami yang sering digunakan seperti pisang, santan dan madu. Manfaat kondisioner rambut dari ketiga bahan diatas tidak hanya sekedar untuk membuat rambut tetap lembab tetapi juga mampu menyuburkan rambut, mengkilapkan rambut serta memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok atau patah.

Tapi sebelum kita membahas mengenai cara membuat kondisioner rambut ini mungkin ada baiknya jika kita menyinggung sedikit mengenai kandungan bahan yang akan kita gunakan dan apa saja manfaatnya untuk rambut kita.

Pisang sebagai bahan pelembab rambut.

Pisang kaya akan kalium yang berperan penting untuk memperkuat akar dan batang rambut, meminimalkan kerusakan dengan mengembalikan elastisitas alami rambut anda serta memfasilitasi perbaikan rambut rusak. Pisang juga berkhasiat melembabkan rambut karena kandungan minyak alaminya dan mengandung air sekitar 75% air.

Kandungan vitamin A, B6,C dan Vitamin E serta mineral zeng dan besi yang ada pada buah pisang sudah tidak diragukan lagi untuk meningkatkan kelembaban rambut sekaligus mencegah terjadinya rambut rontok.

Santan Kelapa

Santan sangat sarat dengan antioksidan dan lemak yang tentunya sangat dibutuhkan oleh rambut kita dalam meningkatkan volume rambut sekaligus memberikan perlindungan pada rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebsa dan cuaca yang ekstrem.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E dan asam lemak sehat yang cukup tinggi. Peran vitamin E dan asam lemak ini yaitu meningkatkan kelembaban kulit dan rambut, merangsang pertumbuhan rambut, mengurangi kehilangan keratin rambut sekaligus memberikan efek kemilau pada rambut kita.

Untuk memerangi ketombe, minyak kelapa juga dilengkapi dengan asam laurat yang sifatnya antibakteri dan antijamur yang juga mencegah kehadiran ketombe.

Nah dengan melihat kandungan bahan yang akan kita gunakan dan apa manfaatnya untuk rambut kita, maka saatnya untuk membahas mengenai cara membuat kondisioner rambut dirumah seperti:

Potong 1 buah pisang menjadi potongan-potongan dan menempatkan mereka dalam mangkuk dan tambahkan dua sendok makan santan.

• Tambahkan satu atau dua sdm minyak kelapa. Anda dapat menambahkan 1 sdm minyak lainnya jika rambut anda berjenis rambut kering ataupun kribo.

• Langkah selanjutnya adalah memblender bahan diatas selama 45 sampai 60 detik atau hingga mendapatkan campuran yang halus dan lembut. Dan jangan lupa untuk menuangkan 2 sdm madu.

Nah setelah anda selesai memuat kondisioner buatan sendiri ini, selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan kondisioner ini agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Menggunakan Kondisioner

Basahi rambut anda terlebih dahulu

• Lumuri rambut dengan kondisioner anda sambil memberikan pijatan yang lembut pada kulit kepala anda lalu menutupi rambut dengan topi plastik.

• Biarkan selama minimal 30 menit sebelum dibilas dan melakukan keramas rambut.

• Anda dapat menggunakan kondisioner ini cukup seminggu sekali.

Tips

Anda dapat menggunakan yang pisang masak dan jika wangi yang dihasilkan kurang menyenangkan anda, tambahkan beberapa tetes minyak lavender, minyak peppermint, minyak rosemary atau air mawar (sesuai dengan aroma selera anda).

Selamat Mencoba…!!!