Obat Paling Manjur Atasi Flu dan Masuk Angin

Obat Paling Manjur Atasi Flu dan Masuk AnginObat yang paling manjur atasi flu ataupun masuk angin,  selain dengan obat yang diresepkan medis juga bisa ditemukan dalam beberapa bahan alami yang memiliki sifat antimikroba dan anti peradangan untuk mengatasi gejala flu tersebut.

Flu sendiri adalah infeksi ringan yang sering disebabkan oleh virus lain selain virus influenza. Flu biasa ini juga dikaitkan dengan masuk angin yang ditandai dengan ingus yang encer hingga hidung tersumbat.

Gejala flu ini sendiri sangat banyak dan beberapa diantaranya adalah demam (biasanya cukup tinggi), nyeri pada sendi dan otot, mata berair, kulit memerah sakit kepala, batuk kering, sakit tenggorokan, muntah dan terkadang diare jika flu menyerang pada anak.

Untungnya flu biasa ini (non influenza) dapat disembuhkan dengan cukup beristrahat sambil mengkonsumsi beberapa jenis buah dan makanan yang bisa mempercepat kesembuhan dari serangan flu ini seperti:

Minum banyak air
Minum banyak cairan seperti air, jus buah, sup dan jelas (seperti sup ayam) serta cairan yang banyak mengandung elektrolit semisal natrium dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Produk yang tersedia secara komersial berupa minuman supplement biasanya cukup efektif mempercepat kesembuhan.
Solusi lainnya yaitu menghidrasi tubuh dengan menggunakan larutan dari garam, gula dan air putih. Menambahkan beberapa jus jeruk dan pisang tumbuk dapat meningkatkan rasa dan juga menyediakan sumber potasium yang baik. Solusi tersebut dapat digunakan oleh siapa saja, tanpa memandang usia.

Bawang putih
Bawang putih merupakan bumbu masakan yang memiliki sifat antimikroba dan sifat merangsang kekebalan dan dapat mempercepat kesembuhan.

Jahe
Jahe selain sebagai bumbu masakan, jahe ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi sakit perut dan mual jika terkena flu biasa.
Jahe ini seringpula ditemukan dalam minuman supplement, ataupun minuman sarabba (minuman khas asal sulawesi) yang mampu melawan peradangan karena flu.

Teh hangat
The hijau, teh hitam dan beberapa jenis teh lainnya mengandung senyawa yang bersifat antioksidant.
Untuk mengatasi masalah sakit pada tenggorokan karena gejala flu biasa, cukup tambahkan sesendok madu dan perasan lemon pada segelas teh hangat anda.

Selain dengan makanan ataupun minuman herbal, cara mengatasi flu ini bisa digunakkan obat OTC khususnya untuk menurunkan demam.

Beberapa jenis obat OTC ini seperti acetaminophen (Tylenol), ibuprofen (Advil atau Motrin), naproxen dan (Aleve atau Naprosyn) yang dalam penggunaannya sebaiknya atas sepengetahuan dokter anda.