Gejala Umum Penyakit Hati atau Liver

Gejala Umum Penyakit Hati atau LiverHati merupakan organ yang berperan penting dalam mengubah makanan menjadi energy sekaligus untuk menghilangkan racun-racun yang beredar dalam aliran darah.

Tapi dibalik kemampuannya untuk menetralisir toksin, organ hati ini juga bisa mengancam jiwa dikala seseorang menderita penyakit hati atau yang biasa dikenal dengan liver.

Penyakit hati sendiri ini merupakan kumpulan dari kondisi, gangguan dan infeksi yang mempengaruhi sel-sel, struktur dan jaringan hati yang pada akhirnya menyebabkan tidak berfungsinya hati sama sekali.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan masalah hati seperti toksisitas asetaminofen, penyakit hati alkoholik, kanker, kista, sirosis, penyakit hati berlemak, fibrosis, hepatitis, penyakit kuning, Primary sclerosing cholangitis, dll.

Tapi dari beberapa gejala diatas, gejala yang paling umum terjadi pada penderitanya dapat kita lihat seperti dibawah ini:

1. Keracunan Acetaminophen Keracunan

Zat Acetaminophen ini biasanya hadir dalam berbagai obat kimia seperti obat sinus, tablet obat sakit kepala, obat flu cair dan beberapa jenis obat lain yang menggunakan zat Acetaminophen ini.

Tanda dan Gejala Keracunan Acetaminophen ini sendiri seperti kulit terasa gatal tanpa diketahui jelas apa penyebabnya, kulit berwarna kuning, urin berwarna gelap dan nyeri perut pada bagian kanan atas.

2. Penyakit Hati Alkohol
Penyakit hati alkoholik ini umumnya berkembang bertahun-tahun kemudian setelah mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.
Gejala penyakit hati beralkohol ini biasanya memburuk setelah mengkonsumsi minuman berat, dan tingkat keparahannya cenderung bervariasi hingga berkembang menjadi penyakit.

Beberapa gejala penyakit hati beralkohol ini seperti nyeri perut dan nyeri tekan, Asites (kelebihan cairan antara selaput yang melapisi organ-organ perut dan perut, mulut kering (kehahausan yang berlebihan), demam, menderita penyakit kuning, hilangnya nafsu makan, mual, kenaikan berat badan karena ascites dan lain sebagainya.

3. Kanker Hati Primer
Kanker hati primer adalah masalah hati yang dalam perkembangannya biasanya tidak terdeteksi sampai telah mencapai stadium lanjut, karena kebanyakan dari mereka tidak menunjukkan gejala awal.

Tanda dan gejala kanker hati primer sendiri seperti perubahan warna kuning pada kulit, nyeri perut bagian kanan atas, pembengkakan perut, pembesaran hati, merasa kelelahan, hilangnya nafsu makan, mual dan muntah dll.

Organ hati merupakan organ penyaring darah dan penyedia energi tubuh dan beberapa fungsi vitalnya. jadi jagalah hati anda dari berbagai bentuk kerusakan dengan menghindari beberapa penyebabnya.

Jangan asal mengkonsumsi obat tanpa resep dari ahli medis anda. Hindari mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan beberapa hal lainnya. Segera menghubungi medis jika ada gejala yang anda temukan yang menyangkut dengan beberapa gejala gangguan hati diatas.