8 Tips Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

8 Tips Melahirkan Tanpa Rasa SakitSetiap ibu yang menjalani persalinan normal akan mengalami rasa sakit dan hal ini adalah normal dan sangat alamiah. Tapi intensitas dan tingkat rasa sakit yang muncul atau yang dirasakan untuk tiap ibu yang melakukan persalinan normal tersebut tentu saja tidak selalu sama.

Sebenarnya ada cara tips melahirkan tanpa rasa sakit yang berlebihan dan tanpa harus berjuang lebih lama untuk berhasil menjadi seorang ibu yang sejati.

Hal ini tergantung dari menejemen saat menjalani kehamilan, kondisi ibu hamil, kondisi janin dalam kandungan dan beberapa hal yang terkait dengan kehamilanlainnya.

Dan berikut adalah 8 tips melahirkan tanpa rasa sakit yang bisa anda coba saat menjalani persalinan normal anda seperti:

1. Motivasi yang kuat untuk melahirkan secara normal
Memiliki motivasi yang kuat dalam melakukan persalinan normal akan memberikan kekuatan full pada diri anda yang cukup untuk mensugesti sehingga akan mengurangi rasa sakit saat melahirkan.
Cara memotivasi diri misalnya, ketika anda berada pada puncak kontraksi, anda lebih memilih melahirkan secara normal ini untuk mencegah bayi anda dari efek samping obat kimia. Dan yakinkan diri anda bahwa hasil akhir akhir dalam perjuangan anda ada di tangan Pencipta anda.

2. Ambil posisi melahirkan yang tepat
Untuk memudahkan pengiriman atau perjalanan bayi dari rahim menuju jalan lahir yaitu dengan mengambil posisi yang tepat saat akan memulai persalinan.

Disaat hendak memulai persalinan, cobalah untuk mengambil posisi jongkok dengan kedua lutut dilantai lalu badan sedikit dicondongkan kebelakang sambil menyandarkan bagian belakang tubuh didinding. Kedua tumit menyokong bokong anda. Tahan posisi ini dalam beberapa saat lamanya.

3. Selalu berpindah posisi
Menjelang proses persalinan, jika anda mampu untuk berjalan anda bisa melakuakn hal ini untuk membantu mempercepat proses perjanan bayi kejalan lahir.
Dan jika anda dapat mengambil posisi berdiri selama persalinan dan kontraksi mungkin sedikit membantu dalam proses pengiriman bayi dengan memanfaatkan gaya gravitasi dibandingkan saat bebaring.

4. Hindari kecemasan
Tanyakan kepada diri sendiri , “Mengapa anda takut sakit demi untuk mendapatkan suatu tujuan yaitu ingin menjadi ibu sempurna dan memperoleh bayi yang terlahir dari hasil perjuangan anda sebagai ibu.

Yakinkan dalam diri anda bahwa tubuh anda telah dirancang untuk melahirkan sejak anda terlahir didunia ini dan sudah dimatangkan persiapannya sejak 9 bulan lalu.

Jadi dengan cara ini anda akan lebih santai menghadapinya dan tentunya dapat mengalahkan rasa sakit yang timbul.

5. Menjaga kesehatan
Menjaga kesehatan jauh sebelum anda mengalami proses persalinan seperti mencukupi kebutuhan nutrisi anda, olah raga ringan dan senam kehamilan cukup berpengaruh dalam memudahkan proses persalinan.

6. Lakukan pijatan
Melakukan pijatan yang lembut diantara vagina dan rectum anda agar lebih fleksibel bisa mengurangi robekan saat proses persalinan berlangsung. Hal ini juga cukup meringankan rasa sakit yang terjadi.

7. Selalu aktif ketika kontraksi
Selalu bergerak dan berpindah posisi selama kontraksi sedang berlangsung. Berjalan-jalan pelan bisa mempercepat proses persalinan dibandiang jika anda hanya berbaring ditempat tidur.

8. Konsumsi raspberry
Raspberry merupakan tanaman yang kaya akan kalsium, serat, kalium, vitamin C, membantu Anda mengurangi stres dan dapat membantu beberapa wanita menginduksi persalinan mereka dengan mempersiapkan otot-otot rahim dan mudah-mudahan mempercepat persalinan tanpa rasa sakit yang berlebihan.

Cara memanfaatkan raspberry ini bisa dikonsumsi melalui salad, selai maupun dalam bentuk jus atau teh.

Nah, demikianlah 8 tips melahirkan tanpa rasa sakit diatas semoga banyak manfaatnya untuk kaum ibu yang sedang mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan normal anda.