Cara Aman Mengobati Migraine Selama Kehamilan

Cara Aman Mengobati Migraine Selama KehamilanSakit kepala migraine memang sungguh menyakitkan, tapi lebih menyakitkan lagi jika migraine ini hadir disaat kita sedang hamil karena pilihan pengobatan jauh lebih terbatas dibandingkan saat dalam kondisi normal (tidak hamil).

Menggunakan obat sakit kepala migraine yang biasa digunakan dalam kondisi normal jelas tidak aman jika anda gunakan dalam kondisi hamil karena efeknya sangat berbahaya bagi janin anda.

Dan yang menariknya lagi, sakit kepala selama kehamilan justru lebih intens terjadi. Bahkan pada beberapa wanita mengalami sakit kepala kronis seperti migrain frekwensi akan lebih meningkat dibanding dalam kondisi normal. Mengapa demikian?

Penyebab sakit kepala selama kehamilan sendiri sangat erat kaitannya dengan perubahan hormone yang mempengaruhi kadar estrogen, seiring dengan peningkatan volume dan sirkulasi darah saat hamil. Dan hal ini biasanya sering mempengaruhi ibu hamil pada trimester pertama dan ketiga.

Sakit kepala migraine pada trimester ketiga kehamilan juga sering dikaitkan dengan perubahan bentuk tubuh ibu hamil yang mengandung janinnya. Sakit kepala migraine ini mungkin juga berhubungan dengan peningkatan serius dalam tekanan darah yang dikenal dengan istilah preeklampsia.

Hal lain yang mendasari penyebab sakit kepala migraine saat hamil meliputi kelelahan, tegangan, kadar gula darah yang rendah, dehidrasi, insomnia, gangguan sinus atau berhenti minum kopi bagi yang telah kecanduan kafein.

Nah karena terbatasnya pilihan obat untuk mengatasi migraine saat hamil, maka hal yang paling utama dilakukan jika mengalami kondisi seperti ini menjaga jadwal makan yang teratur dan minum banyak air untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Dan berikut ini adalah cara alami mengobati migraine selama kehamilan yang disarankan, seperti:

• Melakukan pijatan lembut untuk meringankan sakit otot dileher dan tulang belakang bagian atas yang mungkin berkontribusi terhadap nyeri sakit kepala anda .
• Mengidentifikasi daerah-daerah tekanan dan mencoba untuk mencegahnya.
• Minum beberapa gelas air ketika anda pertama kali merasakan sakit kepala migraine datang karena kemungkinan migraine anda hadir karena kurangnya hidrasi tubuh.
• Mengompres denga air dingin didaerah leher untuk mengobati sakit kepala jika pengaruhnya karena ketegangan dileher. Sementara untuk untuk sakit kepala sinus, kompres wajah anda dengan air hangat.
• Berbaringlah di ruangan gelap dan beristirahat sebentar .

Jadi jika sakit kepala migraine hadir disaat anda sedang hamil, hati-hati jika memilih pengobatan dalam bentuk apapun dan harus atas resep dokter anda. Cobalah untuk makan makanan bergizi, menjaga jadwal tidur yang teratur, melakukan senam khusus ibu hamil dan minum banyak cairan biasanya cukup membantu dalam mengatasi migraine anda.