5 Cara Menurunkan Berat Badan yang Membahayakan Kesehatan

5 Cara Menurunkan Berat Badan yang Membahayakan KesehatanKelebihan berat badan membuat kita kurang percaya dan bisa memicu beberapa gangguan pada kesehatan kita, misalnya obesitas, hipertensi hingga diabetes.

Nah cara untuk menurunkan berat badan yang berlebihan ini bisa ditempuh dengan menerapkan pola makan yang teratur, diet tepat dan olehraga yag teratur pula.

Yang menjadi ironi adalah ketika kita berpikir untuk menurunkan berat badan secara berlebihan dan dalam waktu yang singkat. Jelas ini akan menimbulkan dampak buruk pada kesehatan kita.

Beberapa cara menurunkan berat badan yang populer tetapi mengandung resiko yang bisa membahayakan kesehatan kita seprti yang dibahas dibawah ini.

5 Cara Menurunkan Berat Badan yang Membahayakan Kesehatan

1. Menahan rasa lapar yang berlebihan

Menahan rasa lapar dengan melewatkan satu waktu untuk makan, seperti hanya sarapan pagi dan makan malam atau tidak makan malam tetapi hanya sarapan pagi dan makan siang. Sementara tubuh tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang.
Cara yang demikian bisa memicu munculnya penyakit maag atau setidaknya dapat memperparah penyakit maag kita. Sisi negative lainnya bisa saja anda akan kehilangan cukup banyak cairan yag juga bisa berimbas pada menurunnya fungsi organ-organ tubuh tertentu dalam tubuh kita.

2. Obat-obatan atau suplemen
Cara menurunkan berat badan populer lainnya yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan atau supplement tertentu yang banyak dijual disekitar kita. Tapi, dibalik kesuksesan obat dalam menurunkan berat badan kita biasanya tersembunyi efek-efek yang bisa merugikan kesehatan kita sendiri.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa pada umumnya diet pil hanya diisi dengan kafein dan diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh kita.

Cara kerja obat ini yaitu dengan mengurangi nafsu makan dan membuat anda tidak merasa lapar sehingga mengurangi jumlah asupan makanan. Dan sebagai akibatnya, tubuh akan mengalami kekurangan energi yang mengarah ke konservasi kalori.

3. Latihan ekstrim penurunan berat badan
Melakukan olahraga secara berlebihan dan cenderung memaksa tubuh dari batas kemampuan tubuh sendiri tidak ada bedanya dengan diet ketat lainnya (seperti melewatkan satu waktu makan).

Metode ini tidak akan efektif untuk menghilangkan berat badan yang anda inginkan dan hanya mendapatkan tubuh anda mengalami kelelahan yang berlebihan, meningkatan risiko cedera, ketidakseimbangan elektrolit dan juga turut mempengaruhi psikologis anda.

4. Merokok
Salah satu pengauruh rokok yaitu dapat mengurangi nafsu makan sehingga kebanyakan wanita yang ingin menurunkan berat badannya menempuh metode ini.
Memang ada sekolompok individu yang sukses dengan cara-cara ini tapi jelas dan justru akan memicu munculnya masalah yang lebih besar dari sekedar masalah berat badan. Merokok akan meningkatkan tubuh mengalami beberapa risiko penyakit yang mematikan seperti kanker paru-paru, gangguan jantung dan stroke.

5. Obat perangsang muntah ataupun obat pencahar

Pada beberapa orang yang melakukan diet sangat ketat menempuh metode penggunaan obat stimulan muntah mungkin menjadi pilihan utama.

Tapi harus disadari pula akan ancaman di balik penggunaan obat perangsang muntah tersebut. Para ahli mengatakan bahwa isi lambung mengandung kadar asam yang sangat tinggi sehingga apabila seseorang terlalu sering muntah, bisa menyebabkan iritasi dan penipisan pada lapisan kerongkongan, mulut, gigi dan gusi yang dapat memicu perkembangan kanker.

Tidak hanya itu, intensitas muntah yang terlalu sering juga bisa menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Jadi sudah jelas bahwa metode ini sangat berbahaya.

Semua orang tentu mendambakan berat badan yang ideal sehingga orang yang memiliki berat badan yang berlebihan terkadang akan menempuh cara apapun asalkan berat badan mereka bisa berkurang.

Berat badan yang ideal memang membuat body anda nampak lebih menarik, tapi jangan korbankan kesehatan tubuh anda lainnya.