6 Penyebab Berat Badan Turun Secara Drastis

6 Penyebab Berat Badan Turun Secara DrastisSelain upaya menurunkan berat badan, tidak sedikit pula yang jusrtu berusaha keras untuk meningkatkan berat badan mereka kelevel yang normal, namun tidak bisa naik-naik juga. Mengapa demikian?

Cara meningkatkan berat badan dengan terus mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan perubahan gaya hidup yang sehat biasanya cukup membantu untuk menaikkan berat badan.

Namun terkadang upaya diatas tidak membuahkan hasil dan terus saja kehilangan berat badan dalam setiap bulannya. Dan bila penurunan berat badan mencapai sepuluh persen dari berat badan hanya dalam kurun waktu enam bulan maka itu dikategorikan sebagai penurunan berat badan yang drastis.

Penurunan berat badan secara drastis selain karena mengikuti program penurunan berat badan juga bisa disebabkan oleh alasan medis dan perlu segera ditangani. Penurunan berat badan yang abnormal ini bisa meningkatkan risiko kematian.

Evaluasi gizi yang tepat, pemeriksaan psikologi, fisik dan lingkungan menjadi perhatian khusus untuk mengetahui alasan penyebab penurunan berat badan abnormal ini.

Dan untuk mengetahui lebih jelasnya apa alasan penyebab penurunan berat badan yang drastic atau mengapa berat badan tidak bisa bertambah, sebaiknya kita ikuti beberapa pembahasannya dibawah ini.

6 Penyebab Berat Badan Turun Secara Drastis

1. Diet yang berlebihan
Diet ketat yang diadopsi oleh beberapa orang untuk menurunkan berat badan dengan cepat sebenarnya belum tentu menyehatkan dan bisa membahayakan tubuh.
Perubahan secara ekstrim dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari yang mengandung terlalu sedikit kalori menyebabkan kekurangan gizi dan dehidrasi dan pada umumnya dapat berefek negative pada kesehatan kita.

2. Gangguan makan
Beberapa gangguan makan seperti Anoreksia dan bulimia merupakan gangguan makan yang sering mempengaruhi wanita yang terlalu terobsesi dengan ingin mempertahankan berat badan mereka.

3. Penyakit kronis

Penurunan berat badan secara drastis juga merupakan indikator dari beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Beberapa jenis penyakit yang dapat mempengaruhi berat badan kelevel rendah seperti penyakit kanker, tuberkulosis, infeksi HIV dan gangguan ginjal.

4.Gangguan Mental
Alasan lain penyebab menurunnya berat badan adalah karena pengaruh gangguan mental seperti depresi dan demensia. Dan biasanya hal ini sering dialami oleh lansia dan beberapa kelompok usia muda yang disebabkan karena penyalahgunaan obat-obatan.

5. Gangguan pada pencernaan

Dehidrasi karena muntah dan diare terus-menerus juga dapat menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.
Alasan paling umum penurunan berat badan secara drastis yang dikaitkan dengan penyakit adalah karena adanya mikroba dan parasit pada usus yang menggerogoti semua nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

6. Gangguan metabolik
Gangguan metabolik juga dapat menyebabkan penurunan berat badan secara drastic. Dua gangguan metabolis yang sering mempengaruhi tubuh kita yaitu hipertiroidisme dan hipotiroidisme.
Diabetes dan hiperkalsemia juga merupakan gangguan metabolisme yang dapat mempengaruhi mengakibatkan penurunan berat badan drastis.

Jadi bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan secara ekstrem, perlu untuk anda pertimbangkan kembali dan mengkaji ulang berapa kebutuhan kalori harian anda yang seharusnya untuk mencegah terjadinya penurunan badan yang abnormal tersebut.