Jenis Nyeri Perut Bagian Bawah Berdasarkan Penyebabnya

Sakit Perut Bagian BawahNyeri di daerah perut dapat disebabkan karena berbagai alasan dan bisa dihubungkan dengan sejumlah penyakit yang mendasarinya.

Beberapa penyebab nyeri tersebut dapat menjadi ketidaknyamanan yang sembuh dengan sendirinya, tetapi yang lain mungkin memerlukan penanganan medis.

Umumnya wanita merasakan sakit di perut ringan saat menstruasi dan nyeri ini bukan hal yang mesti diobati.

Nyeri di perut bagian bawah bisa juga menjadi tanda hadirnya penyakit yang serius seperti radang usus buntu, masalah kandung kemih atau terkait dengan penyakit ginjal dan hal ini memerlukan penangan medis.

Jenis Nyeri Perut Bawah
Nyeri perut dapat disebabkan oleh gangguan setiap organ dalam daerah perut. Misalnya, rasa sakit bisa berasal dari usus kecil, usus, hati, kandung empedu, limpa dan pankreas.

Salah satu dari organ-organ ini dapat menghasilkan sensasi menyakitkan dengan intensitas yang berbeda.

Berikut adalah beberapa jenis umum dari penyakit yang menyebabkan nyeri di perut:

Gastroenteritis (Flu Perut)

Gastroenteritis akan menyebabkan saluran pencernaan menjadi meradang. Hal ini juga menyebabkan diare berat dan muntah. Virus tertentu dan bakteri dapat memasuki sistem melalui makanan atau air dan dengan demikian menyebabkan gastroenteritis (flu perut).

Gangguan pencernaan adalah penyakit lain yang dapat menyebabkan sakit perut. Mereka yang menderita sakit pencernaan akan mengalami perasaan panas atau nyeri terbakar di daerah perut. Gangguan pencernaan dipicu oleh makanan tertentu yang kaya minyak dan zat lemak lainnya, makanan pedas, alkohol dan minuman berkarbonasi.

Batu ginjal

Batu ginjal adalah alasan lain untuk nyeri pada perut bagian bawah. Batu ginjal umumnya tidak menimbulkan rasa sakit hingga batu ginjal bergerak ke saluran kemih dan dengan demikian menghambat aliran urin. Setelah terjadi hambatan urin inilah baru rasa sakit yang luar biasa dapat dirasakan penderita.

Organ reproduksi wanita

Pada kondisi tertentu dalam organ reproduksi wanita juga bisa menyebabkan nyeri di perut bagian bawah. Ini mungkin berhubungan dengan rahim, yang dapat menyebabkan nyeri tajam.

Nyeri di saluran telur dapat berhubungan dengan fibroid atau kehamilan ektopik. Dalam beberapa kasus nyeri dapat dihubungkan dengan kondisi yang serius seperti kista ovarium atau kanker.

Keguguran juga dapat menyebabkan sangat intens nyeri perut bagian bawah, terutama yang berasal dari daerah di atas daerah pinggul.

Sembelit
Sembelit, diare atau sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, alergi makanan, kanker usus besar dan usus buntu jenis lain penyakit yang berhubungan dengan sakit perut.

Nyeri di daerah perut dapat disebabkan karena berbagai alasan dan bisa dihubungkan dengan sejumlah penyakit yang mendasarinya.