Ramuan Herbal untuk Mengatasi Vagina Kering

Ramuan Herbal untuk Mengatasi Vagina KeringRamuan herbal untuk mengatasi masalah vagina kering biasanya lebih efektif dan tidak memerlukan biaya banyak dan tentunya lebih aman dibanding dengan bentuk pengobatan lainnya.

Tapi sebelu membahas mengenai ramuan apa saja yang dimaksudkan diatas, mungkin ada baiknya untuk mengetahui apa penyebab terjadinya vagina kering ini agar kita lebih waspada dan tidak panic disaat mengalami hal ini.

Vagina kering umumnya dialami oleh wanita pada pasca menopause, tetapi vagina kering ini juga dapat mempengaruhi perempuan lainnya pada waktu-waktu tertentu dalam kehidupan mereka dan bukan karena pengaruh menopause saja. Meskipun memang sekitar 80% wanita menopause mengalami hal ini.

Faktor penyebab lain dari vagina kering selain karena menopause juga dapat disebabkan karena persalinan, menyusui, operasi pengangkatan indung telur, kemoterapi dan radiasi , merokok, sindrom Sjogren (penyakit auto imun ), obat-obatan tertentu dan douching dan lain sebagainya.

Wanita mengalami rasa sakit selama hubungan seksual dan gagal dalam memperoleh kenikmatan saat berhubungan intim. Vagina yang terasa gatal dan pendarahan setelah berhubungan badan adalah beberapa gejala dari gangguan vagina kering ini.

Tingkat estrogen yang rendah pada wanita adalah alasan utama penyebab terjadinya vagina kering. Sementara kita ketahui bahwa fungsi estrogen pada organ intim yaitu untuk menjaga elastisitas vagina, menjaga kelembaban dan pelumasan pada dinding vagina.

Dampak dari vagina kering ini sendiri adalah menurunnya libido dan merosotnya kualitas dalam berintim.
Untungnya masalah vagina kering dapat diatasi dengan beberapa ramuan herbal alami yang dapat kita buat sendiri dirumah seperti dibawah ini.

Ramuan herbal untuk mengatasi vagina kering
Tidak ada alasan untuk tidak berusaha untuk mengatasi vagina kering ini jika terjadi pada anda karena bisa-bisa menjadi penyebab ketidak harmonisan dalam rumah tangga.

Black cohosh
Ramuan black cohosh awalnya merupakan ramuan asli dari Negara Paman Sam tapi karena daya efektifnya sangat manjur untuk mengatasi vagina kering, kini ramuan blac cohosh ini sudah dapat kita temukan ditoko oabt tradisional disekitar kita.

Ramuan ini dianggap sebagai sumber yang kaya isoflavon yang berfungsi seperti estrogen dan membantu mengembalikan keseimbangan hormonal pada tingkat yang normal akibat dari pengaruh menopause.

Wanita yang menderita vagina kering dapat mengambil supplement Black cohosh antara 40-80 mg secara teratur. Meskipun ramuan ini tidak menghasilkan efek samping yang serius, anda tetap harus konsultasikan dengan dokter anda jika ingin mencoba ramuan ini.

Kedelai
Kedelai mengandung kadar phytoestrogen yang cukup tinggi dan dapat mengembalikan tingkat estrogen setelah menopause. Oleh karena alasan tersebut, seringkali dokter menyarankan asupan produk kedelai seperti susu kedelai dan tahu secara rutin untuk mengobati sejumlah gejala menopause termasuk dengan masalah vagina kering ini.

Ginseng
Akar Ginseng mengandung phytoestrogen yang membantu untuk mengembalikan tingkat estrogen yang mengalami penurunan dan efektif dalam mengobati vagina kering.

Untuk mendapatkan ramuan ini biasanya telah tersedia ditoko-toko herbal baik dalam bentuk jamu, bubuk maupu dalam bentuk pil.
Tapi perlu diperhatikan juga mengenai petunjuk dan cara mengkonsumsi obat dari akar ginseng ini karena dapat memberikan beberapa efek samping seperti diare, jantung berdebar, tekanan darah tinggi, kegelisahan dan insomnia. Oleh karena itu, harus diambil dalam dosis yang dianjurkan.

Biji rami
Biji rami juga mengandung jumlah tinggi asam lemak esensial dan isoflavon yang sangat bermanfaat bagi wanita menopause dan sangat efektif dalam mengobati vagina kering.

Vagina kering umumnya dialami oleh wanita pada pasca menopause, tetapi vagina kering ini juga dapat mempengaruhi perempuan lainnya karena beberapa faktor lainnya seperti yang telah disebutkan diatas. Dan semoga beberapa ramuan herbal diatas dapat mengatasi masalah gangguan pada organ intim (vagina kering) anda.