Tahapan Perkembangan Kanker Ovarium

Tahapan Perkembangan Kanker OvariumKanker ovarium merupakan jenis kanker yang cukup mematikan diantara semua jenis kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Dan meskipun wanita yang berusia di atas 60-an cenderung lebih rentan mengalami kanker ovarium ini, namun bukan berarti bahwa pada kelompok umur dibawah 60-an tidak beresiko terkena kanker ovarium.

Penyakit kanker ovarium ini sebagaimana dengan jenis kanker lainnya sebenarnya masih bias diatasi selama masih dalam tahap gejala dan dalam stadium awal.

Mengenal gejala dan tahapan awal perkembangan kanker ovarium sangat penting diketahui agar jika gejala awal muncul maka kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya. Langkah pertama jika gejala awal muncul tentunya segera periksakan diri kedokter kandungan atau dokter ahli lainnya.

Stadium awal kanker ovarium dapat membantu dokter untuk mengetahui kondisi pertumbuhan dalam tubuh. Dokter dapat menentukan seberapa jauh penyakit ini telah menyebar atau tumbuh.

Dengan melakukan beberapa scan atau tes, dokter dapat mendiagnosa kanker dan mengetahui informasi tentang stadium kanker ovarium yang terjadi. Dari dokter anda dapat memberikan pengobatan berdasarkan stadium kanker.

Bagaimana tahapan kanker ovarium berkembang?
Kanker ovarium dapat terjadi dalam empat tahap. Keempat tahap tersebut masih dibagi lagi menjadi sub-kelompok.

Tahap I kanker ovarium
Tahap ini dikatakan penyakit tahap awal. Pertumbuhan kanker terbatas pada ovarium itu sendiri dan belum menjalar pada organ disekitarnya. Pada tahap awal ini dibagi lagi kedalam 3 sub kelompok yaitu:

• Tahap I a, dimana pertumbuhan kanker ovarium hanya dalam satu ovarium dan tumor hanya tumbuh di dalam ovarium saja dan tidak ada gejala pertumbuhan kanker pada permukaan luar ovarium dan tumor belum pecah.

• Tahap I b, dimana pertumbuhan kanker masih terbatas pada kedua ovarium tanpa tumor pada permukaan luar dan dan tumor belum pecah.

• Tahap I c, dimana tumor sudah memasuki tahap I b tapi ada perubahan lainnya seperti tumor sudah mulai menjalar pada permukaan luar ovarium atau tumor sudah pecah.

Tahap II kanker ovarium
Pada tahapan II atau stadium ke-2 kanker ovarium dimana pertumbuhan kanker ovarium telah hadir baik dalam satu atau kedua ovarium bersama dengan ekstensi panggul.
• Tahap II a: Kanker dapat menyebar ke saluran tuba atau uterus atau keduanya.
• Tahap II b: Pertumbuhan kanker meluas ke organ panggul lainnya.
• Tahap 2c: Kanker diklasifikasikan ke dalam Tahap II a atau II b tapi ada perkembangan selanjutnya seperti tumor terletak pada permukaan luar dari salah satu atau kedua ovarium dan kapsul tumor telah pecah.

Tahap III kanker ovarium
Pada tahapan III kanker ovarium ini, pertumbuhan kanker dapat terjadi pada satu atau kedua ovarium dan sudah menyebar melampaui panggul. Kanker juga dapat meluas ke kelenjar getah bening.

Tahap III a: Selama dilakukan pemeriksaan, dokter dapat mengetahui kanker ovarium yang melibatkan satu atau kedua ovarium tetapi tidak ditemukan dalam perut dan tidak ada ekstensi ke kelenjar getah bening. Namun dengan biopsi yang diperiksa di bawah mikroskop menunjukkan hasil bahwa terdapat sel-sel tumor yang ditemukan di permukaan peritoneal abdomen.

• Tahap II b: Tumor dapat hadir pada satu atau kedua ovarium dan kanker ovarium terdapat juga di perut dengan ukuran tidak lebih dari 2 cm. Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.

• Tahap III c: Tumor ini hadir dalam satu atau kedua ovarium ovarium dengan memiliki sel-sel tumor yang terletak di perut yang cukup tapi tidak lebih dari 2 cm. Kanker belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Tahap IV kanker ovarium
Pada tahap ini, perkembangan kanker ovarium cukup signifikan dimana pertumbuhan sel kanker dapat terjadi pada satu atau kedua ovarium dan telah bermetastasis jauh organ lainnya.

Meskipun wanita dari kelompok umur lebih muda dari 60 tahun kurang beresiko namun yang namanya kanker bisa muncul pada siapa saja dan dimana saja. Jadi jika ada gejala segera lakukan pemeriksaan kesehatan pada dokter anda untuk memastikan kondisi kesehatan anda.