5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

5 Cara Efektif Menghilangkan Jerawat dan BekasnyaJerawat adalah suatu kondisi kulit yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh sangat aktifnya kelenjar sebaceous yang terdapat di bawah permukaan kulit. Kelebihan produksi sebum membuat kulit ditumbuhi banyak jerawat.

Kehadiran jerawat tentu saja sangat menjengkelkan apalagi jika mereka meninggalkan jejak atau bekas yang sangat merugikan dan membuat kulit kehilangan daya tariknya. Tapi dengan jerawat perawatan tepat pada kulit yang berjerawat kulit bisa dimuluskan kembali dan terbebas dari jerawat dan bekasnya.

Ada banyak pilihan untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat secara efektif, mulai dari plihan yang modern, semi modern hingga perwatan kulit dengan cara-cara alami.

Berikut adalah cara canggih merawat kulit agar terbebas dari jerawat dan bekas jerawat yang menjengkelkan itu, antara lain:

1. Perawatan Laser
Pilihan pengobatan bekas jerawat melalui perawatan laser merupakan pilihan canggih dan sering digunakan bagi mereka yang berkantong tebal.

Laser yang digunakan dalam perawatan ini meningkatkan produksi kolagen di kulit dan menyeragamkkan warna kulit sehingga bekas jerawat dapat tersamarkan hingga tidak berbekas lagi.

Perawatan ini terdiri dari ablatif, ablatif mikro dan non ablatif yang mengharuskan membuang jaringan kulit luar.
Perawatan laser juga bertujuan untuk mengendalikan sekresi minyak karena akan merusak kelenjar sebum. Hal ini akan mencegah terjadinya pertumbuhan jerawat lebih lanjut.

2. Perawatan dengan menggunakan blue light
Perawatan ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat yang tersembunyi di bawah lapisan kulit. Dengan menggunakan teknik blue light ini, selain kulit terbebas dari jerawat dan bekas-bekasnya juga membuat tampilan kulit lebih cerah.

3. Perawatan dengan teknik mikrodermabrasi
Perawatan ini efektif menghilangkan kelenjar sebum, menghambat produksi sel-sel jerawat dan dapat menghilangkan bekas jerawat yang ada. Kristal kecil yang disemprotkan pada permukaan kulit yang memiliki kemampuan untuk mengelupas lapisan kulit luar dan menghilangkan semua sel-sel mati dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit.

Selain cara modern, untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat bisa ditempuh dengan menggunakan cara alami seperti:

4. Pasta kulit jeruk
Cara membuat pasta ini yaitu dengan mengeringkan terlebih dahulu kulit jeruk ini kemudian dihaluskan sambil menambahkan sedikit air agar terbentuk pasta. Nah, pasta inilah yang akan dioleskan pada permukaan kulit yang terkena jerawat atau yang memiliki bekas jerawat.

5. Mint Daun

Daun min bersifat astringent yang baik dan dapat mengontrol produksi sebum pada kelenjar sebaceous. Caranya, ambil setangkai daun mint dan menghaluskannya hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta ini pada kulit yang berjerawat. Hanya saja cara ini tidak boleh digunakan pada jenis kulit kering karena sifatnya cenderung membuat kulit kering.

Jerawat dan bekas jerawat bisa dihilangkan dengan banyak cara, tergantung dari pilihan pribadi masing-masing. Demikian pula beberapa cara mengatasi jerawat dan bekas jerawat diatas semoga bermanfaat untuk meningkatkan kecantikan wajah anda dan terbebas dari jerawat dan bekasnya.