Gejala dan Penyebab Edema Perifer

Gejala dan Penyebab Edema PeriferRetensi cairan pada kaki atau pergelangan kaki dikenal sebagai edema perifer yang merupakan pembengkakan jaringan akibat kelebihan cairan dalam tubuh dan dapat mempengaruhi kedua kak , betis dan bahkan paha.

Edema perifer ini adalah penyakit yang paling umum terjadi pada orang tua namun beberapa orang muda juga bisa terkena.

Penyebab Edema Perifer
Ada beberapa penyebab retensi cairan pada kaki seperti berdiri aau duduk dalam waktu yang lama apalagi saat dalam cuaca panas menyebabkan akumulasi cairan yang berlebihan pada kaki ataupun pada pergelangan kaki pederitanya.

Penyebab lainnya adalah karena Insufisiensi vena karena melemahnya katup pada kaki sehingga menyebabkan varises dan peningkatan cairan. Pembentukan cairan dapat juga terjadi selama kehamilan karena rahim memberikan tekanan pada pembuluh darah utama yang mengembalikan darah dari kaki ke jantung.

Beberapa hormon juga dapat mendorong tubuh untuk mempertahankan cairan berlebih sehingga menimbulkan edema.
Tingkat protein yang rendah dalam darah baik karena kurangnya asupan nutrisi ataupun karena gangguan pada hati dan ginjal dapat menyebabkan edema pada kaki, pergelangan kaki, dll.

Penyebab edema lainnya bisa disebabkan karena ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif sehingga tubuh mulai menahan cairan dan meningkatkan volume darah. Dan hal ini dapat menyebabkan kemacetan di pembuluh darah, pembesaran hati dan penumpukan cairan.

Penyakit paru-paru kronis, tomor dan hypothyroidism dan beberapa penyakit lainnya juga bisa menyebabkan edema perifer terjadi.

Gejala edema perifer
Rasa sakit yang muncul pada bagian yang terkena
• Berat badan yang meningkat drastic hanya selang beberapa hari atau minggu
• Ketika kulit di daerah yang terkena ditekan, kulit terlihat cekung selama beberapa detik sebelum kembali pada keadaan semula.

Penyakit pembengkakan pada kaki atau edema perifer terjadi karena akumulasi cairan yang berlebihan. Edema perifer ini bisa menyebabkan penderita kesulitan untuk berjalan ataupun untuk mengangkat beban yang berat.