5 Cara Mengurangi Kelebihan Asam Lambung

5 Cara Mengurangi Kelebihan Asam LambungKelebihan asam lambung bisa menyebabkan ketidaknyamanan di lambung berupa perut kembung, perih dan nyeri ulu hati, mual serta beberapa bentuk ketidaknyamanan pada lambung lainnya.

Sebenarnya asam lambung ini berperan penting pada system pencernaan manusia dimana asam lambung ini diproduksi secara alami untuk mengaktifkan enzim pencernaan dalam memudahkan proses pencernaan.

Tapi jika kelebihan asam lambung lambung ini dapat menimbulkan masalah juga sehingga jika produksi asam lambung ini terlalu banyak maka perlu untuk dikurangi atau dinormalkan kembali.

Nah, cara mengurangi kelebihan asam lambung ini sangat erat kaitannya dengan diet harian kita dengan menghindari konsusmsi makanan yang bisa memicu produksi asam lambung meningkat.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa memicu peningkatan produksi asam lambung seperti makanan yang pedas-pedas, kurang minum air, alcohol, makanan yang asin-asin dan lain sebagainya. Dan untuk lebih jelasnya lihat pembahasan singkat dibawah ini.

5 Cara Mengurangi Kelebihan Asam Lambung

1. Tingkatkan minum air putih
Air putih atau air biasa memiliki memiliki pH yang netral (bukan asam atau basa). Ketika tubuh mendapatkan cukup cairan maka dapat menghindarkan tubuh dari beberapa gangguan makan seperti perasaan ingin makan yang berlebihan dan atau gangguan psikis lainya yang berhubungan dengan makanan.

2. Hindari kebiasaan buruk merokok
Kebiasaan buruk merokok juga bisa memicu produksi asam lambung meningkat sehingga pada individu yang mengalami gangguan atau masalah pada lambung mereka disarankan untuk berhenti merokok.

3. Hindari mengkonsumsi alcohol dan makanan yang pedas
Sering mengkonsumsi alkohol dan makan-makanan yang pedas merupakan hal yang bisa memicu penumpukan asam lambung. Jadi jika anda merasa perih pada uluhati hati anda, jangan sesekali makan-makanan diatas jika anda tidak ingin merasakan nyeri yang lebih parah lagi.

4. Hindari minum kopi atau makanan yang terlalu asam
Kopi merupakan minuman yang baik untuk dikonsumsi hanya saja kopi bersifat asam sehingga orang yang sedang memiliki kadar asam lambung yang meningkat bisa memperparah kondisi level asam lambung mereka.

5. Hindari minuman bersoda
Salah satu jenis minuman yang harus dihindari saat asam lambung sedang meningkat yaitu dengan mengatakan tidak untuk minum minuman bersoda karena minuman bersoda bisa memperparah penyakit asam lambung.

Jadi untuk bisa menormalkan kembali kadar asam lambung anda, singkatnya adalah hindari minuman dan makanan yang bisa memicu produksi asam lambung meningkat. Dan perbanyaklah minum air putih, minum air jahe, madu dan makanan berserat tinggi untuk mengatasi asam lambung yang berlebihan.