7 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

7 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol TinggiCara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pasien biasanya mempercayakan obat-obatan yang berbahan kimia baik yang diresepkan oleh dokter maupun obat kimia tanpa resep dari dokter.

Sebenarnya kita bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi hanya dengan menggunakan obat alami. Beberapa obat alami yang cukup efektif untuk mengatasi kelebihan kadar kolesterol tersebut.

Namun sebelum kita membahas mengenai masalah cara menurunkan kadar kolesterol tersebut mungkin tak ada salahnya jika menyinggung sedikit mengenai mengenai apa itu kolesterol dan mengapa kita harus menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan tersebut.

Sebenarnya dalam tubuh kita mengenal dua jenis kolesterol yaitu HDL (high density lipoprotein) alias kolesterol baik dimana komposisi proteinnya lebih dominan dibanding dengan komposisi lemak (kolesterol) yang beredar dalam pembuluh darah. Demikian pula sebaliknya dengan kolesterol jahat, dimana komposisi lemaknya lebih banyak dibanding dengan komposisi proteinnya.

Kapan kadar kolesterol dianggap tinggi dan kapan dianggap kadar kolesterol ini dianggap normal? Ya tentu saja ada batasan tersendirinya yang telah disepakati oleh pakar medis yang ahli dengan masalah ini.

LDL dianggap sangat tinggi jika pada alat pembacaan 190 mg /dL, bahkan tingkat berkisar 160-189 dianggap tinggi, 130-159 mg/dL ambang batas.

Dan pada kisaran 100-129 dianggap optimal. Bahkan pada individu dengan riwayat keluarga penyakit jantung harus mempertahankan tingkat LDL mereka hingga 70 mg / dL.

Nah jika kadar kolesterol (lemak ) yang tinggi yang beredar dalam darah maka berpotensi menyumbat arteri yang pada akhirnya menghasilkan stroke atau serangan jantung.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kadar lemak jahat ini bisa tinggi? Ya, karena kita keseringan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi (lemak jenuh tinggi) sementara kolesterol ini juga diproduksi oleh tubuh kita secara alami sebagai sumber energy tubuh.

Tingginya kadar kolesterol juga tidak bisa hanya menyalahkan diet kita namun ada beberapa faktor lain yang terlibat yang dapat menyebabkan peningkatan produksi kolesterol jahat seperti halnya karena faktor genetika atau faktor keturunan.

Pada individu yang divonis memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya segera menurunkannya ke level normal, baik dengan cara meningkatkan kadar HDL ataupun dengan menurunkan kadar LDL.

Nah bagi anda yang mengalami peningkatan kadar kolesterol tersebut ada beberapa cara alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol tersebut.

1. Diet
Diet seimbang dan mengkonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, sereal , kacang-kacangan dan ikan sangat penting untuk menjaga tingkat kolesterol pada level yang rendah serta hindari daging dan produk susu.

Dan beberapa jenis makanan seperti ikan salmon, alpukat, kacang-kacangan, bawang putih, minyak zaitun, bayam, teh hijau dan gandum sangat baik untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol.

2. Hindari stres
Hindari stres dan berolahraga secara rutin dapat menurunkan LDL sebesar 40 % dan juga membantu menghilangkan plak yang menempel pada arteri.

3. Menurunkan berat badan
Dengan menurunkan berat badan hingga 10 % atau lebih dapat mengatasi tingkat LDL yang tinggi.

4. Hindari lemak jenuh
Lemak jenuh adalah salah satu penyebab utama meningkatnya kadar LDL . Lemak ini biasanya diperoleh dari daging babi , unggas, daging sapi, domba, susu , krim dan mentega. Minyak jenuh ini juga bisa ditemukan dalam minyak kelapa, minyak sawit dan cocoa butter.

5. Batasi konsumsi lemak trans
Diet anda tidak harus berkalori dari lemak trans yang lebih dari 1 % dalam seharinya. Beberapa lemak trans dapat ditemukan pada makanan olahan, produk hewani, margarine terhidrogenasi dll.

6. Berhenti merokok
Hindari kebiasaan buruk merokok dapat membantu anda dalam menurunkan kadar LDL.

7. Berolahraga
Berolahraga secara teratur dapat menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL . Melakukan latihan aerobik selama 30 menit , setiap 5 hari dalam seminggunya dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 5 sampai 10 % .

Oleh karena itu bagi anda yang selalu memperhatikan kesehatan anda sebaiknya untuk menjaga diet anda dalam mencegah maupun dalam mengurangi tingkat kolesterol yang tinggi karena resikonya sangat besar. Dan semoga 7 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi diatas dapat bermanfaat bagi anda.