Cara Mengatasi Kaki Kram yang Sering Terjadi

Cara Mengatasi Kaki Kram yang Sering TerjadiCara mengatasi kaki kram yang sering terjadi cukup dengan memberikan perlakuan yang tepat pada kaki anda yaitu dengan menghindari beberapa kemungkinan penyebabnya.

Kaki kram adalah salah satu gangguan pada betis, telapak kaki dan beberapa bagian anggota tubuh lainnya. Kram kaki ini biasa terjadi pada seorang atlet, ibu hamil maupun pada individu yang berusia uzur.

Alasan lain di balik terjadinya kram kaki adalah karena ketidak seimbangan antara kalsium dan fosfor. Oleh karena itu, jika anda sering mengalami kram kaki maka disarankan unntuk mengkonsumsi suplemen kalsium utamnaya setelah anda berolahraga.

Kram kaki bisa terjadi secara tiba-tiba dengan durasi yang singkat dan terkadang pula kram tersebut dapat berlangsung selama 10 menit. Kram kaki umumnya terjadi karena kontraksi otot betis sehingga menyulitkan penderitanya untuk berdiri apalagi untuk berjalan.

Ada beberapa cara untuk mencegah kram, misalnya jika anda memiliki kontraksi otot yang menyebabkan kram maka anda harus mencoba untuk berjalan. Untuk melakukan hal ini perlu bantuan oleh orang lain.

Selain cara diatas ada beberapa tips lain yang bisa membantu meringankan rasa sakit karena kram ini yaitu dengan memberikan pijatan pada kaki anda.

Cara lain untuk menyingkirkan kram kaki yaitu dengan melenturkan jari-jari kaki anda ke atas setiap kali mengalami kram kaki. Duduk di tempat tidur kemudian meregangkan kaki anda sambil melenturkan jari-jari kaki ke atas.

Melakukan push-up juga dapat mengatasi kram kaki ini. Tapi jika anda sudah tak mampu untuk melakukan push-up, anda disarankan untuk duduk berdiam diri untuk sementara waktu dalam rangka untuk mengurangi rasa sakit yang timbul.

Terlepas dari beberapa cara mengatasi kaki kram diatas, anda juga dapat mengambil handuk dingin dan bantal pemanas kemudian menggunakan keduanya pada saat kaki anda mengalami kram.

Jika cara diatas belum bisa menghilangkan kram pada kaki anda, cobalah mandi dengan menggunakan air hangat karena hal ini biasanya cukup efektif untuk mengahatasi kaki yang kram.

Selanjutnya anda juga harus memberikan perhatian khusus terhadap tingkat hidrasi tubuh anda karena dehidrasi adalah salah satu alasan umum di balik kram kaki pada orang atletik dan non-atletik. Idealnya anda harus minum 2 liter air setiap harinya.