8 Cara Alami Mengobati Infeksi Kandung Kemih

8 Cara Alami Mengobati Infeksi Kandung Kemih Cara mengobati infeksi saluran kemih dapat ditempuh dengan mencoba menggunakan ramuan tradisional (cara alami) maupun dengan obat yang diresepkan oleh dokter.

Hanya saja jika ingin menggunakan ramuan alami perlu hasil diagnosa terlebih dahulu dari ahli medis. Jika diagnosa medis menunjukkan hasil yang positif maka barulah anda untuk memulai dengan pengobatan alami yang anda ketahui.

Dan kali ini kita akan berbagai informasi tentang apa itu infeksi saluran kemih, apa penyebabnya, cara alami mengobati infeksi saluran kemih, dan bagaimana gejalanya jika saluran kemih terinfeksi.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) dalam medisnya dikenal dengan istilah  cystitis yaitu penyakit infeksi yang bisa mempengaruhi sistem kemih baik ginjal, uretra, kandung kemih, ureter maupun otot sphincter. Oleh karena itu, ketika dokter menyatakan anda diduga menderita infeksi saluran kemih maka itu berarti infeksi telah merambah ke salah satu organ yang disebutkan di atas dalam system kemih anda.

Satu hal yang perlu kita ketahui bahwa urin kita itu terdiri dari beberapa unsur antara lain adalah garam, cairan dan bahan limbah tetapi tidak mengandung kuman di dalamnya. Sementara kuman atau bakteri sendiri telah tersaring dan masuk dalam tabung yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih sehingga kedua organ ini berpotensi mengalami infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih di dalam kandung kemih masih lebih mudah ditangani dengan cepat dengan pergi melalui obat anti antibiotik, namun infeksi pada ginjal cenderung lebih berbahaya dan sangat berpeluang untuk merusak ginjal secara permanen.

Penyebab umum terjadinya infeksi pada saluran kemih adalah Escherichia coli. Kelebihan dari bakteri ini karena bisa memperbanyak diri dalam urin bila bakteri ini terdapat dalam ginjal atau kandung kemih kita.

Dengan melihat gejala dan situs yang biasa terserang infeksi maka gejala infeksi kandung kemih ini bisa lebih mudah dikenali. Gejala infeksi saluran kemih seperti rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil, nyeri disekitar pinggang, merasa sering ingin buang air kecil. Volume urine yang keluar hanya sedikit namun intensitasnya tinggi.

Gejala infeksi kandung kemih lainnya adalah demam, menggigil, mual atau jenis nyeri di daerah ginjal maka besar kemungkinannya anda mengalami infeksi.

Ingatlah bahwa ketika salah satu gejala yang disebutkan di atas muncul terutama ketika anda sedang hamil, atau anda telah berusia lebih dari 40 tahun dan atau anda memiliki riwayat atau sedang menderita diabetes maka gejala ini perlu anda periksakan segera kedokter untuk memastikan gangguan apa yang sebenarnya terjadi pada diri anda.

Seperti yang dikemukakan terdahulu bahwa selain cara medis, cara alami mengobati infeksi kandung kemih bisa efektif untuk mengatasinya.
Berikut ini adalah 8 cara alami untuk mengobati infeksi kandung kemih yang efektif:

1. Konsumsi jus cranberry dalam jumlah yang cukup setiap harinya
2.Tingkatkan asupan cairan tubuh
3. Hindari minuman berkafein seperti kopi ataupun minuman bersoda4.
4. Sering buang air kecil utamnya setelah berhubungan intim.
5. Kondumsi obat atau buah yang sifatnya antibiotik
6. Kompres dengan air hangat
7. Hindari pakaian yang ketat
8.Tingkatkan konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C.

Nah, demikianlah 8 cara alami mengobati infeksi kandung kemih yang efektif diatas semoga bisa menjadi bahan informasi dan masukan yang berguna untuk mengobati infeksi kandung kemih anda.