Penyebab Nyeri Punggung Selama Kehamilan

pPenyebab nyeri punggung selama kehamilan secara umum karena pengaruh rahim yang kian membesar sehingga beberapa saraf tertekan.

Pengaruh lainnya bsia disebabkan karena kelebihan berat badan saat hamil (obesitas) sehingga otot bekerja lebih berat lagi utamanya pada otot betis dan punggung. Jadi jangan heran jika nyeri punggung selama kehamilan bisa terjadi pada diri anda.

Hal lain yang bisa mempengaruhi hadirnya nyeri punggung selama kehamilan karena pengaruh perubahan hormone sehingga sendi dan ligamen bisa merenggang, utamanya tulang yang menghubungkan antara tulang panggul dan tulang belakang.

Pengaruhnya tentu saja pada tubuh bagian punggung. Pada kondisi lain rasa sakitnya bisa dirasakan hampir diseluruh badan meski dalam posisi apapun, baik dalam keadaan berbaring, duduk, berdiri apalagi saat mengangkat beban.

Nyeri punggung selama kehamilan adalah nyeri yang umum dirasakan oleh setiap ibu hamil dan akan semakin menyakitkan seiring dengan pertambahan usia kehamilan. Untungnya nyeri ini biasanya akan segera hilang setelah proses persalinan dan tidak akan muncul lagi pada hari-hari selanjutnya kecuali disaat anda hamil lagi.

Sebenarnya nyeri tulang belakang selama kehamilan ini hanya satu dari dua jenis nyeri yang biasa terjadi. Nyeri yang lainnya adalah nyeri pada panggul.

Terkadang individu yang sedang menjalani masa kehamilan hanya merasakan salah satu dari jenis nyeri diatas. Tapi pada umumnya wanita yang baru pertamakali menjalani masa kehamilannya dapat merasakan kegua jenis nyeri tersebut sehingga sangat menyakitkan.

Selain kedua jenis nyeri diatas, rasa nyeri mungkin juga muncul di sekitar pinggang, bokong hingga paha dan betis. Tapi kondisi nyeri ini hanya dirasakan oleh 1 dari 7 ibu hamil.

Nyeri punggung selama kehamilan dan beberapa tempat nyeri lain yang berkaitan dengan masa kehamilan bukanlah hal yang membuat anda stress karena pada umumnya wanita hamil merasakan hal ini.

Tapi meskipun demikian, rajin-rajinlah periksakan kondisi kandungan anda untuk mendapatkan petunjuk dari dokter keluarga anda. Hal ini tentu saja akan berpengaruh positif pada janin yang anda kandung dan untuk memudahkan proses persalinan anda nantinya.