Cara Mengatasi Diare Melalui Pengobatan Rumah

Cara Mengatasi Diare Melalui Pengobatan RumahDiare atau yang biasa disebut menceret ini adalah gangguan pada system pencernaan dimana penderitanya mengalami BAB lebih dari tiga kali sehari dengan konsistensi yang sangat cair.

Meskipun diare ini sering dianggap sepele namun pada diare kronis bisa menyebabkan kematian penderitanya.Penyebab diare sendiri sangat bervariasi tiap orang karena efisiensi organ yang bervariasi pada setiap orang. Ada banyak penyebab diare dan beberapa diantaranya adalah:
Keracunan makanan karena bakteri
• Penyakit yang disebabkan oleh virus
• Alergi
• Efek samping dari obat-obatan
• Efek samping dari radiasi
• Penyakit usus
• Cancer
• Pengaruh Diabetes
• Dll.

Jika seseorang mengalami salah satu dari beberapa penyebab diatas berpotensi mengalami diare. Dan harus mendapatkan perawatan dari dokter. Namun sayangnya diare muncul biasanya secara tiba-tiba dan tak terduga sebelumnya karena tidak memiliki gejala awal.

Nah untuk mencegah sesuatu hal yang tidak diinginkan sebelum penderita diare ini tertangani oleh medis maka perlunya informasi tentang pengobatan rumah bagaimana mengatasi diare ini sebelum terlambat.

Berikut ini adalah cara mengatasi diare melalui pengobatan rumah seperti dibawah ini.

Obat diare melalui makanan

1. Yogurt
Yogurt adalah obat yang baik untuk diare tetapi pilihlah yoghurt yang memiliki kultur bakteri aktif seperti lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium. Yogurt tersebut membantu bakteri baik dalam menjaga perut dari diare dengan memproduksi asam laktat.

2. Jahe
Jahe adalah tanaman obat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kita. Untuk mengatasi diare, kita dapat memarut (memblender) sepotong kecil jahe dan tambahkan satu sendok teh madu lalu diminum.

Cara lainnya adalah mengkonsumsi jahe dengan cara merebusnya terlebih dahulu dalam secangkir air selama sekitar 5-7 menit, saring dan biarkan menjadi hangat. Tambahkan madu dan minum ketika masih dalam keadaan hangat.

3. Wortel
Wortel merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Wortel mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh usus agar tetap sehat. Makan wortel setiap hari juga membuat sistem pencernaan kita berfungsi dengan baik.

4. Kentang
Pada penderita diare disarankan untuk meningkatkan asupan kentang tetapi jangan dalam bentuk gorengan.
Dengan menggoreng kentang tersebut akan menurunkan tingkat gizinya. Jadi coba makan kentang rebus dengan menambahkan sedikit garam dan merica secukupnya. Insya Allah diare anda akan segera sembuh.

Minum banyak cairan
Ketika seseorang menderita diare maka penderita harus menjaga diri dari dehidrasi. Dalam setiap kasus diare akan kehilangan banyak cairan tubuh akibat tinja yang sangat cair dan perlu diganti dengan mengkonsumsi banyak cairan. Nah salah satu cara mengatasi diare dengan memperbanyak konsumsi jus apel ataupun jus wortel.

Demikian adalah cara mengatasi diare melalui pengobatan rumah diatas semoga banyak manfaatnya untuk menjaga kesehatan kita. Dan jangan remehkan diare, apalagi jika tergolong kronis karena bisa menyebabkan jiwa melayang.