Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan KecantikanManfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Kentang yang dalam bahasa ilmiahnya Solanum Tuberosum ini memiliki umbi yang dapat dikonsumsi dan mengandung sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan kita.

Dengan kandungan gizi yang tinggi tersebut maka sangat baik jika kentang ini dimasukkan dalam diet kita demi membantu tubuh untuk menghindari ribuan masalah kesehatan.

Kentang sebagai sumber Antioksidan
Kentang sangat kaya akan vitamin A , B , C dan E. Oleh karena itu kentang dianggap sebagai sayuran yang menyehatkan. Seperti kta ketahui pula bahwa vitamin C dan Emerupakan vitamin yang sifatnya antioksidan yang sangat baik dan berperan penting dalam pencegahan penyakit dan meningkatkan keindahan kulit dan rambut.

Kentang sebagai sumber beta karoten
Beta karoten atau vitamin A yang juga terdapat dalam kentang juga merupakan antioksidan dan membantu dalam melindungi dan perbaikan kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari. Manfaat betakaroten lainnya untuk kesehatan adalah mampu mencegah masalah yang berkaitan dengan kesehatan mata.

Karena sifat antioksidannya, Vitamin A berguna dalam mencegah beberapa jenis kanker. Kombinasi nutrisi ini secara kolektif berkontribusi untuk mencerahkan kulit dan menyuburkan rambut.

Kentang mengandung sejumlah mineral
Kentang mengandung mangan, kalium dan bahkan besi. Meskipun mangan merupakan bagian dari mineral tetapi mangan ini merupakan komponen penting dalam metabolisme karbohidrat yang membantu menjaga kadar gula darah.

Kentang mengandung Karotenoid
Kentang mengandung karotenoid yang berfungsi untuk membantu menstabilkan kadar gula darah dan resistensi insulin yang lebih rendah. Hal ini pada akhirnya dapat membantu dalam metabolisme.

Karotenoid juga berfungsi sebagai kofaktor enzim yang memainkan peran penting dalam pembangkitan energi serta membantu dalam aktivitas vitamin antioksidan. Fungsi karotenoid digunakan dalam pengobatan anemia dan untuk mengobati beberapa gejala pramenstruasi pada wanita.

Kentang mengandung tinggi serat
Kentang mengandung serat membantu dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan mengkonsumsi serat yang tinggi akan memberikan rasa kenyang yang lama sehingga dengan cara ini membuat seseorang tidak cepat merasa lapar.

Kentang menjaga kesehatan hati
Kentang mengandung sejumlah besar vitamin B6. Salah satu fungsi vitamin B6 adalah membantu memecahkan homosistein. Homoistein ini kontribusi dalam pengerasan arteri dan pembuluh darah. Oleh karena itu secara tidak langsung kentang ini menjaga dinding pembuluh darah agar tetap fleksibel dan memungkinkan aliran darah tetap normal.

Kentang mencegah hipertensi
Kandungan gizi kentang dengan kalium yang tinggi berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dengan menghilangkan kelebihan natrium dari tubuh dan mengatur keseimbangan cairan. Kalium ini juga merupakan elektrolit penting yang mempertahankan fungsi normal otak dan sistem saraf pusat.

Kentang meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin D merupakan komponen pentingyang hadir dalam Kentang. Vitamin D sendiri sangat penting dalam meningkatkan system imun dan kesehatan secara keseluruhan. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam meningkat energi, suasana hati dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat.

Membantu perkembangan janin
Wanita hamil harus menyertakan Kentang dalam diet mereka karena kentang ini sangat kaya akan folat. Seperti kita ketahui pula bahwa untuk menjaga kesehatan sel janin dan perkembangan jaringan janin diperlukan folat yang tinggi.

Dengan melihat manfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan kita maka sudah seharusnya kentang ini dimasukkan dalam diet harian kita.