Apa Itu Sindrom Ovarium Polikistik?

Apa Itu Sindrom Ovarium PolikistikSindrom ovarium polikistik adalah gejala atau kelainan yang terjadi pada ovarium yang dikaitkan dengan pertumbuhan kista pada ovarium.

Sindrom ovarium polikistik memang tidak mengancam jiwa namun pada penderita sindrom ovarium polikistik ini sangat menyakitkan dan bisa menyebabkan wanita sulit untuk hamil.

Sindrom ovarium polikistik ini juga dikaitkan dengan ketidak seimbangan hormone dimana wanita kelebihan dalam memproduksi hormone pria. Hal ini dikenali dengan pertumbuhan bulu atau rambut yang lebat pada tangan dan bagian tubuh lainnya yang biasanya menjadi ciri khas pria.

Pada wanita yang mengalami sinrdrom ovarium polikistik ini seringkali mengalami jadwal haid yang tidak teratur. Gejala lain yang mungkin bisa dialami oleh wanita seperti obesitas, peningkatan kadar gula darah, hipertensi dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Pada beberapa kasus, wanita dengan sindrom ovarium ini juga mengalami kebotakan lokal disekitar bagian atas tengah kepala.

Obat khusus sindrom ovarium polikistik hingga saat ini belum ditemukan namun pada beberapa pasien yang menjalani program penurunan berat badan atau program senam yang rutin menunjukkan beberapa kemajuan dalam mengatasi sindrom ovarium polikistik.

Untuk mengatasi masalah ketidak teraturan jadwal haid pada wanita yang mengalami sindrom ini disarankan untuk mejalani kontrasepsi hormonal dalam dosis rendah.