Ide Mainan Berdasarkan Usia Bayi

Permainan yang Tepat untuk BayiBermain adalah cara belajar bayi dalam mempelajari tentang lingkungan dan dunia luar mereka.

Dalam bermain tersebut orang tua sebaiknya mengajarkan hal-hal yang belum diperkenalkan pada bayi sebelumnya tapi bisa sangat menyenangkan buat Si bayi sendiri, namun pemilihan permainan tersebut sebaiknya didasarkan pada tingkatan usia bayi.

Berikut adalah beberapa ide bermain untuk bayi berdasarkan usia bayi anda, seperti:

Tiga bulan pertama
Bayi anda mungkin terlihat terlalu kecil untuk melakukan sesuatu, apalagi pada suara yang sedikit riuh. Tapi, kata para ahli, bermain dini sangat penting untuk bayi anda karena membantu bayi belajar untuk mengenal tentang dunia mereka.

Pemandangan dan suara yang akan membuat dia tertarik seperti memperdengarkan musik yang lembut untuk merangsang pendengaran bayi dan hubungannya dengan perkembangan otak bayi.
Pada usia tiga bulan pertama ini, pendengaran bayi sudah baik dan dia akan senang jika anda seringkali berkomunikasi dengannya.

Bayi diprogram untuk ingin melihat wajah dan benda-benda yang menyenangkan. Pada tahap ini dia bisa melihat warna kontras dan gelap dari pada warna terang lainnya, itulah sebabnya dia sangat mudah melihat orang dengan rambut yang berwarna hitam.

Untuk bermain sambil melatih bayi dengan cara ini, tahan wajah anda di dekat bayi anda ketika bayi anda dapat melihat anda. Jarak fokus terbaik pada bayi umur tiga bulan ini adalah antara 20-25cm.

Permainan lainnya yang mungkin bisa memberikan reaksi pada bayi seperti dengan cara menyentuhnya.

Dengan usia enam minggu pertama bayi, dia mungkin sudah bisa melakukan gerakan menendang atau melambaikan tangannya saat dia bahagia dan atau jika ada mainan yang terdekat dengannya. Pada sekitar 10 minggu, bayi anda mungkin sudah mampu menggenggam mainan mereka.

Pada usia tiga bulan, mata bayi sudah mulai melacak benda dengan kedua bola matanya secara bersama-sama karena otot-otot mata mereka sudah semakin kuat.

Untuk mendorong visi bayi anda dan perkembangan bahasa, pastikan anda mulai memperdengarkan seseuatu yang anda baca meskipun bayi anda tidak memahami kata-kata anda.

Tiga sampai enam bulan
Saat bayi anda mulai membuka tangan mereka (bukannyamengepalkannya), mungkin ia merasa bahwa ia dapat menggunakannya untuk menggesek pada benda atau memegangnya.

Pada tahap perkembangan ini merupakan awal koordinasi antara tangan dan mata mereka.
Jika pada tiga bulan pertama, bayi anda dapat memegang dan mengguncang mainan mereka.

Pada usia diatas 3 bulan, mungkin dia sudah bisa mengubah posisi kepalanya mengikuti gerakan dari mainan yang mereka genggam. Dan dia mungkin akan mulai meraih wajah dan rambut anda di sekitar empat bulan.

Pada usia diatas 3 bulan ini, anda juga perlu waspada untuk memilihkan mainan yang aman untuk bayi anda karena bayi anda akan secara otomatis menempatkan segala sesuatu yang dapat diraihnya lalu memasukkannya didalam mulutnya. Dia bisa menikmati mainan dia dengan cara menghisapnya atau mengunyahnya.

Dengan enam bulan bayi, anda dapat membantu dalam menggunakan tangannya untuk menyentuh dan lebih mengeksplorasi tekstur dan bentuk yang berbeda dan akan mencoba untuk memanipulasi objek. Dia akan senang bermain dengan berbaring telentang.