Manfaat Diet Alkali dalam Dunia Medis

Manfaat Diet Alkali dalam Dunia MedisDiet Alkali atau alkaline adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan alkaline dalam menu makanan harian kita.
Beberapa sumber makanan yang sangat kaya akan alkali seperti buah melon, semangka, mangga, pisang, papaya, nenas, dan sayuran berkecambah, dll.

Fungsi diet alkaline sendiri sangat banyak, utamanya dalam membantu mempertahankan keseimbangan pH (potensial of hydrogen) dalam darah.

pH adalah pengukuran konsentrasi ion hidrogen dalam suatu zat. Sebuah pH kurang dari 7 bersifat asam dan pH lebih dari 7 bersifat basa. Salah satu pengukuran yang paling penting dari kesehatan adalah pH dari cairan tubuh.

Ketidak seimbangan pH tubuh atau yang condong ke arah asam dapat dikaitkan dengan gangguan kesehatan termasuk obesitas, kelelahan, penuaan dini, penyakit jantung , diabetes dan kanker.

Ketika pH turun di bawah pH tubuh yang ideal dapat pula menimbulkan masalah seperti peradangan, pembentukan plak di arteri dan gigi dan korosi jaringan tubuh. Jika lingkungan asam terus berlangsung cukup lama dalam tubuh, maka sangat besar kemungkinan menyebabkan penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Secara medis , tubuh kita mengatur dan mempertahankan pH optimum tidak peduli apa yang kita makan, tetapi diet alkali termasuk makanan yang bergizi tinggi sehingga sehingga sangat besar manfaatnya untuk kesehatan kita.

Sementara disis lain, protein hewani dan makanan olahan yang kita konsumsi secara berlebihan dapat menurunkan pH urine sehingga meningkatkan risiko batu ginjal.

Keuntungan lain yang bisa kita dapatkan saat diet alkali ini dapat menurunkan resiko terhadap beberapa jenis penyakit seperti yang kita dilihat dibawah ini.

Manfaat Diet Alkali dalam Dunia Medis

Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
Tekanan darah tinggi secara langsung berhubungan dengan risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa diet kalium memiliki dampak positif yang signifikan pada tekanan darah.

Penelitian ini dapat langsung dihubungkan dengan diet alkali karena makanan yang direkomendasikan dalam diet merupakan sumber yang kaya kalium dan dengan demikian dapat mengurangi penyakit kronis seperti hipertensi dan stroke.

Pengeroposan tulang (Osteoporosis)
Meskipun belum ada bukti substansial bahwa diet alkali melindungi dari osteoporosis , penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan rasio kalium / natrium dapat mengambil manfaat kesehatan tulang dan mengurangi atrofi otot (penyusutan jaringan otot).

Gangguan jantung
Diet Alkaline meningkatkan hormon pertumbuhan secara signifikan dan dengan demikian dapat meningkatkan kesehatan jantung , memori dan kognisi.

Nyeri punggung
Manfaat lain dari diet ini adalah bahwa hal itu meningkatkan intraselular magnesium . Magnesium diperlukan untuk berfungsinya sistem enzim dan juga untuk aktivasi vitamin D. Hal ini pada gilirannya membantu meringankan nyeri punggung yang sedang diderita.

Meskipun studi lebih lanjut tentang manfaat diet alkali masih terus dilakukan, ada baiknya memperhatikan diet alkali untuk mencegah penyakit kronis dan menjaukan diri dari perasaan kelelahan, kurang energi dan pencernaan yang buruk.