10 Manfaat Mengkonsumsi Ikan untuk Kesehatan

10 Manfaat Mengkonsumsi Ikan untuk KesehatanMungkin hampir setiap hari kita mengkonsumsi ikan dari segala jenis dan bentuk masakan namun tahukah kita akan manfaat mengkonsumsi ikan ini?

Manfaat mengkonsumsi ikan secara teratur dan proporsional dapat mengurangi risiko dari gangguan beberapa jenis penyakit mulai dari asma anak hingga kanker prostat asalkan ikan tersebut dalam kondisi higienis.

Seperti kita ketahui pula bahwa ikan mengandung sejumlah kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan gizi ikan sendiri sangat kaya akan protein, sumber asam lemak omega 3 dan lain sebagainya.

Beberapa penelitian menemukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi ikan secara proporsional dapat mengurangi risiko dan gangguan penyakit seperti dibawah ini.

10 Manfaat Mengkonsumsi Ikan untuk Kesehatan

1. Penyakit Asma
Anak-anak yang sering mengkonsumsi ikan memiliki resiko terendah untuk mengembangkan penyakit asma jika dibandingkan ada anak yang kurang mengkonsumsinya.

2. Otak dan mata
Ikan sangat kaya akan asam lemak omega 3, Asam lemak omega 3 sendiri berperan penting untuk meningkatkan kesehatan pada jaringan otak dan retina pada mata.

3. Penyakit Kanker
Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 dalam ikan dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker sekitar 30 hingga 50 persen, terutama kanker yang terjadi pada rongga mulut, esofagus, usus besar, payudara, ovarium dan kanker prostat.

4. Penyakit jantung
Makan ikan setiap minggu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke dengan mengurangi pembekuan darah dan peradangan yang mungkin terjadi, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan lemak darah dan meningkatkan kolesterol yang baik.

5. Demensia
Orang tua paling rentan menderita demensia jika dibanding dari kelompok umur lainnya. Sementara orang tua yang rutin mengkonsumsi ikan setidaknya sekali seminggu memiliki risiko lebih rendah menderita demensia termasuk penyakit Alzheimer.

6. Depresi
Depresi adalah gangguan mental dan psikis yang sering dialami diera modern ini. Dengan mengkonsumsi ikan secara miliki insiden lebih rendah dari depresi karena depresi ini sendiri terkait dengan rendahnya tingkat omega 3 asam lemak pada otak.

7. Diabetes
Beberapa penelitian lan mengklaim bahwa dengan mengkonsumsi ikan dapat membantu orang penderita diabetes dalam mengelola kadar gula darah mereka.

8. Kesehatan mata
Bayi yang mengkonsumsi ikan dari ASI (Air susu ibu) yang sering mengkonsumsi ikan secara rutin, dapat meningkatkan kesehatan matapada bayinya kelak.Hal ini diduga karena kandungan asam lemak omega 3 ikan tersebut.

9. Kondisi peradangan

Sering mengkonsumsi ikan secara teratur dapat meringankan gejala rheumatoid arthritis , psoriasis dan penyakit yang berhubungan dengan autoimun pada manusia.

10. Mencegah kelahiran prematur

Kelahiran premature akhir-akhir ini semakin meningkat, hal ini disebabkan karena penerapan gaya hidup dan yang kurang sehat. Untungnya bagi mereka yang sering mengkonsumsi ikan selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko melahirkan bayi prematur tersebut.

Dengan melihat betapa besar manfaat dari mengkonsumsi ikan tersebut maka sudah saatnya kita untuk memperbaiki kembali menu makanan kita dengan tidak menyepelekan akan manfaat  ikan saat dimeja makan.