11 Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Penyebab Gagal Jantung Penyakit jantung adalah istilah umum yang dikaitkan dengan gangguan fungsi jantung dan tidak termasuk pada gangguan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung. Banyak orang mengistilahkan penyakit jantung ini adalah penyakit Kardiovaskuler.

Letak perbedaannya disini adalah jika penyakit kardiovaskular mengacu pada gangguan pembuluh darah dan jantung, sedangkan penyakit jantung hanya mengacu pada jantung saja.

Menurut data dari WHO (World Health Organization), penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu di berbagai negara termasuk Indonesia , Inggris, Australia, Kanada, AS, dan pada beberapa negara lainnya.

Penyakit jantung sendiri sangat banyak jenisnya, dan untuk mengetahui jenis-jenis penyakit jantung ini mungkin tak ada salahnya untuk mengikuti pembahansan singkat mengenai penyakit jantung.

11 Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

1. Angina

Angina atau yang dikenal dengan angina pectoris adalah kerusakan otot jantung karena kurangnya pasokan oksigen. Gejalanya bisa dirasakan seperti ketidaknyamanan didada, sesak ataupun sakit. Angina ini bukan penyakit teknis melainkan gejala dari penyakit arteri koroner. Kurangnya oksigen ke otot jantung ini biasanya disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner karena akumulasi plak (aterosklerosis).

2. Aritmia ( detak jantung yang tidak teratur).

Aritmia masalah yang dikaitkan dengan irama jantung. Aritmia ini terjadi ketika impuls listrik jantung yang mengkoordinasikan detak jantung tidak bekerja dengan baik, membuat detak jantung dengan cara yang tidak seharusnya ( terlalu cepat, lambat atau tidak teratur). Dalam dunia medis dikenal istilah:

– Takikardia adalah  detak jantung terlalu cepat
– Bradikardia adalah  detak jantung terlalu lambat
– Kontraksi prematur adalah detak jantung terlalu dini
– Fibrilasi adalah ketika jantung berdetak tidak teratur

Namun dari beberapa jenis Aritmia diatas, Fibrilasi (denyut jantung tidak teratur) jenis penyakit jantung yang paling umum diderita oleh manusia dan ham[pir semua orang mengalaminya.

3. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan ini dikaitkan pada bayi yang baru lahir namun telah mengalami gangguan pada kinerja jantung. Beberapa contoh penyakit jantung bawaan termasuk:

Septal cacat ( adanya lubang antara dua bilik jantung). Kondisi ini terkadang disebut dengan istilah jantung berlubang.
Cacat Obstruksi ( terjadi ketika aliran darah melewati berbagai bilik jantung )
Penyakit jantung sianotik ( penyakit jantung bawaan dimana kurangnya oksigen didalam darah untuk dialirkan keseluruh tubuh karena adanya kerusakan di dalam hati.

4. Penyakit arteri koroner
Penyakit arteri koroner ini adalah kerusakan yang terjadi pada jantung karena gangguan pada arteri koroner yang fungsinya untuk menyuplai nutrisi, oksigen dan darah pada jantung. Faktor penyebabnya karena endapan plak (endapan kolesterol). Akumulasi plak ini akan mempersempit arteri koroner sehingga jantung kurang mendapatkan oksigen.

5. Cardiomyopathy yang membesar

Jenis penyakit jantung yang satu ini merupakan gangguan pada bilik jantung yang melebar sehingga menyebabkan otot jantung menjadi lemah dan tidak dapat memompa darah dengan baik. Alasan yang paling umum adalah kurangnya pasokan oksigen yang mencapai otot jantung (iskemia) karena penyakit arteri koroner. Biasanya mempengaruhi pula ventrikel kiri pada jantung kita.

6. Infark miokard

Infark miokard ini juga dikenal dengan serangan jantung, infark jantung dan trombosis koroner. Gangguan pada aliran darah (kekurangan oksigen) sehingga merusak atau menghancurkan bagian dari otot jantung. Hal ini biasanya disebabkan oleh gumpalan darah yang menggumpal di salah satu arteri koroner (pembuluh darah yang mensuplai darah ke jantung. Hal ini juga dapat terjadi jika arteri menyempit secara tiba-tiba (kejang).

7. Gagal jantung
Gagal jantung yang juga dikenal dengan istilah gagal jantung kongestif. Gagal jantung ini ditandai dengan kurang efisiennya jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga terkadang salah satu bagian sisi tubuh akan terpengaruh dan bisa juga dapat mempengaruhi sisi kanan dan kiri tubuh kita.

Penyakit gagal jantung ini biasanya diawali dengan penyakit arteri koroner ataupun hipertensi (tekanan darah tinggi) yang berlangsung dalam waktu yang lama sehingga jantung kurang lentur (kaku) atau lemah untuk mengisi dan memompa darah dengan baik.

8. Hypertrophic cardiomyopathy
Hypertrophic cardiomyopathy adalah kelainan genetik di mana dinding ventrikel kiri menjadi kental, sehingga sangat bagi darah untuk meninggalkan jantung dengan kata lain bahwa jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah keluar jantung.

Hypertrophic cardiomyopathy ini adalah penyebab utama kematian mendadak pada seorang atlet atau. Seorang ayah atau ibu dengan kardiomiopati hipertrofik kemungkinan dapat menurunkan pada anak-anak mereka.

9. Mitral regurgitasi

Mitral regurgitasi atau yang juga diistilahkan dengan regurgitasi katup mitral, insufisiensi mitral. Hal ini bisa terjadi ketika katup mitral di jantung tidak menutup cukup ketat, sehingga darah mengalir kembali ke jantung seharusnya tidak boleh terjadi.

Ketika terjadi kebocoran mitral ini, darah tidak bisa bergerak melalui jantung atau tubuh secara efisien sehingga pasien merasa lelah dan kehabisan napas.

10. Mitral valve prolapse

Mitral valve prolapse katup antara atrium kiri dan ventrikel kiri tidak sepenuhnya dekat, prolapses (tonjolan) ke atas, atau kembali ke atrium.

Sebagian besar kasus Mitral valve prolapse ini tidak mengancam nyawa dan tidak ada perawatan yang diperlukan. Namun pada beberapa pasien, mungkin memerlukan pengobatan.

11. Stenosis pulmonal

Stenosis pulmonal terjadi ketika jantung kesulitan untuk memompa darah dari ventrikel kanan ke dalam artikel paru karena katup paru terlalu ketat, ventrikel kanan harus bekerja ekstra untuk mengatasi obstruksi.

Pada bayi dengan stenosis berat dapat menjadi sianosis (membiru). Anak-anak yang lebih tua umumnya tidak memiliki gejala. Jika tingginya tekanan dalam ventrikel kanan yang terjadi maka memrlukan pengobatan yang serius.

Demikian uraian singkat mengenai 11 Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai karena dapat mengancam jiwa, bahkan penyakit jantung ini masih menjadi mesin pembunuh nomor satu pada negara berkembang dan beberapa negara maju lainnya.