Gejala dan Penyebab Bronkitis

Gejala dan Penyebab BronkitisBronkitis adalah penyakit yang timbul karena adanya peradangan pada lapisan saluran bronkial.
Nah ketika peradangan terjadi pada bronkial ini akan mempengaruhi kinerja tabung bronkial yang membawa udara ke dan dari paru-paru dimana peradangan ini menyebabkan kelebihan produksi lendir dalam saluran pernafasan kita. Hal inilah yang menyebabkan penderita bronchitis mengalami batuk-batuk dan beberapa kondisi medis medis lainnya.

Bronkitis sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan penyebabnya yaitu Bronkitis akut dan kronis. Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh virus yang menginfeksi saluran pernapasan atau karena pengaruh cuaca yang dingin.

Bronkitis akut ini pada umumnya dapat membaik dalam beberapa hari tetapi juga penderita bisa mengalami batuk selama berminggu-minggu sehingga harus segera mendapatkan penanganan dari medis.

Sementara bronkitis kronis disebabkan oleh iritasi konstan pada tubulus bronkial terutama yang disebabkan karena keseringan merokok atau karena paparan polutan lainnya sehingga penderitanya dapat menderita batuk selama-berbulan-bulan bahkan bisa hingga menahun.

Gejala umum bronkitis sendiri dapat dikenali dari beberapa gejala yang bisa timbul dan dirasakan oleh penderitanya seperti yang kita lihat dibawah ini:
• Batuk dan ketidak nyamanan didada
• Peningkatan produksi lendir pada saluran pernapasan
• Kelelahan ataupun tubuh mengalami demam.

Gejala bronkitis lainnya yang bisa timbul seperti yang kita lihat dibawah ini:
Batuk kering
• Lendir atau dahak berwarna kekuningan atau kehijauan
• Mengi setelah batuk

• batuk terjadi secara terus menerus dengan mengeluarkan lendir yang tebal
• Kesulitan dalam bernapas
• Batuk yang berlangsung selama tiga bulan

Pada penderita bronchitis ini biasanya sebagian besar penderitanya harus menerima perawatan dari medis, namun cara mengatasi bronkitis ini juga dapat diatasi dengan memanfaatkan beberapa ramuan alami.

Tapi apapun cara yang ditempuh untuk mengatasi penyakit ini tentunya tidak menjadi masalah yang penting bisa menuntaskannya.  Dan saran bagi anda yang tak ingin menderita penyakit bronkitis ini agar segera hindari penyebabnya (berhenti merokok sebelum terlambat).