Obat Herbal untuk Mengatasi Perdarahan Nifas

Obat Herbal untuk Mengatasi Perdarahan NifasPerdarahan nifas menurut medis adalah perdarahan pada pasca persalinan dimana darah yang keluar melalui jalan lahir melebihi 500 ml darah.

Perdarahan nifas sendiri yang tidak tertangani dengan baik bisa menyebabkan kematian pada ibu. Oleh karena itu, betapa pentingnya mengetahui bagaimana cara menghentikan perdarahan tersebut sebagai pertolongan pertama pada ibu yang mengalami perdarahan nifas tersebut sebelum tertangani oleh tenaga medis.

Obat pertolongan pertama untuk perdarahan nifas yang dimaksud tersebut adalah dengan menggunakan ramuan herbal tertentu yang biasanya cukup membantu dalam mengatasi perdarahan nifas.

Tapi sebeum membahas tentang obat herbal untuk mengatasi perdarahan nifas tersebut, mungkin ada baiknya jika kita terlebih dahulu membahas mengenai apa sebenarnya itu nifas dan kapan disebut sebagai perdarahan nifas.

Nifas atau masa nifas dalam dunia medisnya dikenal dengan istilah puerpurium yaitu antara satu jam hingga 42 hari sejak keluarnya plasenta.

Namun pada keadaan tertentu masa nifas tersebut terkadang ibu mengalami perdarahan yang berlebihan (lebh dari 500 ml darah) yang dapat menyebabkan seorang ibu mengalami kekurangan darah sehingga perlu penanganan dalam menghentikan perdarahan yang berlebihan tersebut.

Berikut ini adalah Obat herbal untuk mengatasi perdarahan nifas yang mungkin bisa membantu para ibu yang sedang mengalami perdarahan nifas jika belum pertangani oleh tenaga medis sebagai obat pertolongan pertama dirumah.


Bunga delima

Gunakan ramuan bunga delima dengan terlebih dahulu merebusnya hingga mendidih. Gunakan air kira-kira 3 gelas dengan 20 gram bunga delima. Setelah diperkirakan air rebusan tinggal 1,5 hingga 1 gelas saja, dinginkan dan saring air rebusan untuk membuang ampasnya. Dosis, minum ¾ gelas air rebusan 2 kali sehari.

Kesumba Keling
Kesumba keeling atau dalam bahasa ilmiahnya Bixa orellana merupakan tanaman herbal yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kita dan termasuk dalam hal ini untuk mengatasi masalah perdarahan nifas. Dengan memanfaatkan air rebusan daun kesumba keling biasanya cukup membantu dalam mengatasi perdarahan nifas.

Raspberry Merah

Daun dari tanaman raspberry merah juga sangat baik digunakan pada ibu yang mengalami perdarahan postpartum abnormal. Daun dari tanaman raspberry merah ini mengandung flavonoid dan sifatnya sebagai tonik rahim yang dapat menyegarkan dan memperkuat rahim. Semakin cepat rahim kembali ke ukuran normalnya semakin cepat pula pendarahan akan berhenti.

Sebenarnya sangat banyak ramuan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi perdarahan nifas. Namun demikian pada dasarnya ramuan tersebut hanya sebagai obat pertologan pertama sebelum mendapatkan penanganan dari medis.