Manfaat dan Kerugian Karbon

Manfaat dan Kerugian KarbonKarbon atau lebih sering dikenal dengan zat arang merupakan salah satu unsur kimia yang biasanya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kata karbon sendiri berasal dari bahasa Latin carbo yang berarti batu bara. Batu bara digunakan sangat baik untuk proses pembakaran, karena kandungan alotrop karbon yang stabil membuat batu bara yang telah panas dapat bertahan lebih lama untuk dijadikan alat pembakaran.

Zat karbon sangat mudah ditemukan di alam, bahkan sejak jaman pra-sejarah pun karbon telah terdapat dimuka bumi. Bentuk karbon yang paling umum ditemui adalah zat hitam sisa pembakaran.

Baik makhluk hidup ataupun benda mati seperti kayu yang kemudian dibakar, akan menyisakan zat bewarna hitam, dan inilah yang dapat disebut karbon atau batu bara

Bentuk dan macam karbon tidak hanya terbatas pada batu bara. Bahkan benda paling berharga dengan nilai jual tertinggi dimuka bumi ini berasal dari karbon, yaitu berlian. Berlian adalah salah satu bentuk karbon, yang dengan tingginya nilai jual juga memiliki banyak optikal optis sangat cocok untuk dijadikan sebagai perhiasan.

Fakta yang menarik dari berlian, bahwa berlian merupakan mineral alami paling keras dan tidak ada unsur alam lainnya yang dapat memotong berlian.

Berlian alami yang dapat ditemukan saat ini hanya terdapat di Afrika Selatan berasal dari pipa gunung berapi dan juga dari dasar samudera di lepas pantai Cape of Good Hope.

Walaupun dalam kehidupan sehari-hari, karbon memiliki peran vital, tapi karbon sendiri ternyata memiliki manfaat dan kerugian karbon. Apa saja itu?

MANFAAT KARBON

Aneka manfaat dari karbon dapat dilihat sebagai berikut:

  • Karbon bermanfaat untuk menjadi bahan baku dasar perhiasan yaitu intan dan berlian.
  • Karbon alami CO2 bermanfaat untuk proses fotosintesis tumbuhan agar menghasilkan oksigen yang dapat dihirup oleh tubuh kita.
  • Karbon sebagai batu bara bermanfaat untuk membantu proses pembakaran, terutama untuk makanan. Banyak industri rumah tangga yang menggunakan batu bara dalam penyajiannya.
  • Karbon juga memiliki senyawa yang sangat baik dan berguna untuk menjernihkan air yang kotor. Air yang berasal dari sumur tanah biasanya memiliki warna air kekuningan dan memiliki minyak dibagian atasnya. Simpan karbon dalam air, atau untuk proses filterisasi, maka air yang kuning dapat berubah menjadi jernih.

KERUGIAN KARBON

Kegunaan karbon yang cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari, ternyata tidak terlepas dari bahaya atau kerugian karbon

  • Karbon di alam dalam bentuk karbondioksida atau CO2 ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. CO2 dihasilkan bukan hanya oleh tumbuhan tapi juga berbagai kendaraan bermotor yang sering disebut sebagai polusi. Polusi dapat membuat masalah kesehatan terutama dalam pernafasan. Gas CO2 yang bersifat racun dapat membuat metabolisme tubuh bereaksi dengan darah sehinggga menyebabkan penurunan kesadaran hingga serangan jantung.
  • Keracunan karbon yang paling ringan diderita oleh seseorang biasanya ditandai dengan rasa pusing, mual, mata menjadi terasa kesat dan merah.

Manfaat dan kerugian karbon ternyata tidak dapat dilepaskan satu sama lain. Ada manfaat namun ada juga kerugian yang harus diderita. Cara terbaik untuk menanggulangi kerugian karbon adalah dengan memperbaiki emisi karbon pada kendaraan bermotor yang digunakan, selain kendaraan bermotor, berhati-hatilah bila anda sering membakar sampah.

Karena udara pembakaran sampah memiliki gas karbon yang juga dapat merusak pernafasan dan menggangu lingkungan sekitar. Oleh karena itu, bersikaplah bijak dalam memanfaatkan karbon agar kerugian yang muncul dapat diminimalisir.