6 Penyebab Umum Nyeri Punggung

Nyeri Punggung karena Kelamaan DudukPenyebab nyeri punggung dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor dan bisa menyebabkan rasa nyeri punggung tersebut bersifat kronis ataupun akut.

Untuk mengetahui bahwa nyeri punggung bersifat kronis atau akut bisa diketahui dari lama tidaknya rasa nyeri yang kita alami ketika datang menyerang.

Nyeri punggung kronis adalah nyeri yang berlangsung selama lebih dari tiga bulan sementara nyeri punggung akut bisa berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu.

Nyeri punggung ini sendiri kebanyakan tidak bisa dihilangkan secara menyeluruh tetapi dengan beberapa bentuk perawatan terhadap gangguan nyeri punggung dapat mengurangi episode dan mengurangi rasa sakit jika nyeri punggung ini muncul.

Meskipun sakit punggung cenderung sudah menjadi keluhan umum namun orang yang telah berusia paruh baya lebih mungkin menderita nyeri punggung ini dibanding pada individu yang masih muda jika dilihat dari faktor gaya hidup.

Pada individu yang berusia diatas tiga puluhan tahun memiliki insiden tertinggi dari masalah nyeri punggung, hal ini karena kombinasi dari berbagai faktor penyebab umum nyeri punggung.

Penyebab nyeri punggung dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dan berikut ini adalah 6 faktor penyebab umum nyeri punggung.

1. Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan atau faktor kegemukan memiliki risiko untuk menderita sakit punggung sehingga punggung bawah mengalami tekanan yang berlebihan.

Pada individu yang mengalami kelebihan berat badan juga bisa mengalami linu panggul dan nyeri pinggang karena rusaknya piringan sendi (herniated disc) ataupun karena saraf terjepit karena tekanan berat yang berlebihan.

Menjaga berat badan yang sehat melalui diet dan olahraga tidak hanya mengurangi nyeri punggung yang tetapi juga dapat membantu mencegah masalah osteoarthritis dimasa yanga akan datang.

2. Faktor Gaya Hidup
Kurang olahraga dapat menyebabkan atau memperburuk sakit punggung karena dapat meningkatkan kekakuan dan kelemahan otot.

Pada individu yang kurang beraktifitas fisik dan olah raga secara teratur dapat beresiko mengalami gangguan masalah nyeri punggung.

Sementara dengan rutin berolahraga atau latihan penguatan untuk otot-otot punggung dan perut dapat membantu memberikan dukungan yang lebih baik untuk tulang belakang.

3. Postur atau posisi duduk yang salah
Duduk dikursi selama berjam-jam dikantor pada suatu waktu dapat menyebabkan nyeri pinggang atau memperburuk rasa sakit yang ada.

Selain itu, postur atau posisi duduk yang salah (membungkuk kedepan) dapat menyebabkan over stretch pada ligamen tulang belakang dan struktur disekitarnya di tulang belakang yang pada akhirnya menyebabkan gangguan berupa nyeri pada punggung.

4. Ketegangan atau stress
Salah satu dampak buruk dari stress yang berkepanjangan yaitu memiliki pola makan yang buruk dan mengurangi semangat untuk beraktivitas fisik sehingga dapat berisiko mengalami nyeri punggung.

5. Pengaruh rokok

Kebiasaan buruk merokok dapat meningkatkan tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan nyeri pinggang dibanding individu yang bebas dari merokok.

Hal ini dikaitkan dengan nikotin dalam asap rokok dapat menempel pada dinding pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah melalui pembuluh darah besar dan kecil dari punggung bawah sehingga dapat mempersulit penyembuhan dan pemulihan jika sedang menderita cedera punggung.

6. Pengaruh sering mengangkat benda berat
Sering mengangkat benda-benda yang berat dengan teknik mengangkat yang salah sangat beresiko untuk terjadinya cedera punggung yang dapat menyebabkan nyeri punggung atau dapat memperburuk nyri punggung yang telah ada.

Jadi dengan melihat 6 penyebab umum nyeri punggung diatas, selain karena pengaruh usia penyebab utama dari neyeri punggung utamanya karena pengaruh gaya gaya hidup yang kurang sehat atau salah.