Cara Mengatasi Nyeri Punggung Bawah untuk Pria

Penyebab Nyeri PunggungCara mengatasi nyeri punggung bawah untuk pria bisa diatasi dengan terapi maupun dengan latihan khusus penghilang nyeri punggung bawah.

Penyebab nyeri punggung sendiri bisa terjadi karena pengaruh berat badan yang berlebihan, gaya hidup yang kurang sehat, posisi duduk yang salah, pengaruh ketegangan otot, cedera dan lain sebagainya.

Oleh karena itu cara mengatasi nyeri punggung bawah salah satunya adalah menghindari penyebabnya dan melakukan beberapa latihan tertentu.

Dengan latihan kusus untuk mengatasi nyeri punggung ini dimaksudkan untuk meringankan rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang timbul serta untuk mencegah terulangnya rasa nyeri yang mungkin saja datang sewaktu-waktu.

Nah bagi anda yang sedang mencari cara mengatasi nyeri punggung bawah yang anda derita saat ini, mungkin tak ada salahnya untuk mencoba beberapa latihan yang disarankan seperti dibawah ini, siapa tahu saja bisa mempercepat kesembuhan dari gangguan nyeri punggung yang anda alami.

Cara Mengatasi Nyeri Punggung Bawah untuk Pria

Latihan Lower Back
Cara melakukan latihan lower back ini yaitu dengan berbaring telungkup di matras dengan kaki terentang lurus dan lengan di sisi badan. Tarik napas dan perlahan-lahan angkat bahu dan dada bagian atas dari tanah. Tahan posisi ini selama beberapa detik.

Buang napas dan menurunkan tubuh anda kembali ke matras. Lakukan gerakan ini 8-10 kali setiap pagi dan sore hari.

Latihan Bird Dog
Cara melakukan latihan latihan bird dog ini yaitu berlutut dilantai dengan lutut sejajar langsung di bawah pinggul dengan menempatkan kedua tangan dilantai dengan arah sejajar dengan bahu.

Setelah posisi diatas sudah tepat, kencangkan otot perut dan angkat tangan kiri kedepan diikuti dengan kaki kanan yang terangkat lurus kebelakang lalu regangkan tangan kiri dan kaki kanan anda. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi dengan kaki yang lain.

“Jadi posisi yang tepat ketika tangan kiri, badan dan kaki kanan anda dalam posisi rata. Mungkin untuk lebih jelasnya cara bird dog ini anda bisa lihat di youtube”.

Latihan Plank
Lakukan posisi tubuh seperti hendak puhs up tetapi siku dan lutut bertumpu pada lantai sementara telapak tangan dan tangan tetap rapat dilantai lurus kedepan sejajar bahu (usahakan siku membentuk sudut 90° antara telapak tangan dan bahu).

Langkah selanjutnya adalah geser keduakaki kebelakang dengan bertumpu pada kedua ujung jari kaki. Dan pertahankan posisi ini selama mungkin lalu turunkan ke posisi semula. Lakukan 8-10 repetisi.

Sebenarnya sangat banyak latihan untuk mengatasi nyeri punggung bawah, tapi ketiga cara diatas biasanya sangat efektif untuk mengatasi nyeri punggung bawah.

Dan yang perlu diperhatikan sebelum memulai kedua latihan diatas terlebih dahulu melakukan latihan pemanasan tubuh untuk mencegah terjadinya ketegangan fisik yang bisa saja menyebabkan mengakibatkan ketegangan dan kram otot.