Penyebab dan Gejala Terjepitnya Saraf Pada Pinggul

Gejala Saraf TerjepitTerjepit saraf di pinggul adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami sakit yang luar biasa di pinggul dan juga mempengaruhi beberapa kerusakan lainnya dalam tubuh kita.

Terjepitnya saraf di pinggul untuk jangka waktu pendek mungkin tidak menyebabkan kerusakan secara permanen dan rasa sakitnya mungkin tidak konstan dalam arti bahwa rasa sakitnya kadang-kadang saja. Tapi, jika tekanan tetap untuk waktu yang lama, maka sangat besar kemungkinan saraf semakin rusak secara permanen.

Terjepitnya saraf pada pinggul dapat disebabkan karena berbagai alasan. Namun pada umumnya, terjepitnya saraf dipinggul disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah:

– Penyebab terjepit saraf yang pertama adalah ketika saraf mendapatkan tekanan antara jaringan yang ada didalam tubuh, baik karena tekanan antar jaringan tulang, ligamen, ataupun tendon.
– Penyebab yang kedua adalah ketika tubuh dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama.

-Terjepitnya saraf dapat mempercepat tulang menjadi kecil dan runcing sehingga dapat menyebabkan cedera pada saraf di dekatnya dan dapat menyebabkan saraf terjepit atau tertekan.

– Lumbar stenosis adalah suatu kondisi di mana bukaan di kanal tulang belakang melalui mana saraf keluar dari tulang belakang, menyempit, dan dengan demikian menyebabkan kompresi pada saraf yang dapat menimbulkan rasa sakit.

–  Sebuah piringan sendi (cakram) yang melemah ataupun robek  juga dapat menyebabkan rasa sakit di pinggul karena tekanan menempatkan pada saraf tulang belakang keluar.

– Jika saraf pada pinggul mengalami tekanan dalam jangka panjang maka dapat menyebabkan cairan pelindung di sekitar saraf terputus yang akhirnya dapat menciptakan tekanan ekstra.

Gejala terjepinya saraf pada pinggul  berupa nyeri di daerah pinggul adalah gejala utama yang bisa kita rasakan. Tapi pada beberapa kasus terjepitnya saraf pada pinggul ini gejala lain yang bisa muncul.

Gejala Terjepitnya Saraf pada Pinggul

  • Mati rasa sekitar saraf, kekakuan, Paresthesia (perasaan kesemutan dan sensasi terbakar) di daerah yang terkena.
  • Kadang-kadang, nyeri di punggung bawah menjalar ke kaki, yang dapat menyebabkan rasa sakit saat berjalan. Hal ini dikenal sebagai linu panggul.
  • Rasa sakit ketika pinggul digerakkan seperti gerakkan saat membungkuk.

Terjepitnya saraf pada pinggul umumnya terjadi karena kebiasaan duduk lama tanpa diselingi dengan gerakan lainnya. Individu yang paling rentan mengalami penjepitan saraf dipinggul ini utamanya bagi mereka yang berprofesi sebagai pegai kantoran atau individu yang setiap harinya berhadapan dengan komputer.