Perawatan Rumah pada Penderita Campak

Penyebab CampakPerawatan rumah pada penderita campak biasanya cukup membantu penderita dalam melawan virus penyebab campak tersebut. tapi sebelum membahas cara perawatan penderita campak dirumah, mungkin tak ada salahnya jika kita mengetahui sedikit tentang penyakit campak ini.

Campak adalah penyakit kulit yang disebabkan karena infeksi virus dan ditandai dengan munculnya ruam pada kulit dan beberapa gejala lain yang menyertainya.

Campak sendiri dalam dunia medisnya dikenal dengan istilah Rubeola dan merupakan penyakit menular yang bisa menyerang siapa saja, utamanya pada individu yang mengalami penurunan system imun tubuh.

Pengobatan khusus untuk rubeola atau campak ini belum ditemukan. Namun pada individu yang sedang menderita campak cukup disarankan untuk beristirahat yang cukup dan mengobati gejala sampai sistem kekebalan tubuh mampu melawan virus penyebab campak tersebut.

Penyakit campak ini bisa menimbulkan komplikasi lain namun gejala biasanya akan hilang dalam waktu 7-10 hari. Karena pengobatan khusus untuk campak ini belum ditemukan maka satu-satunya cara untuk meringankan penderita dari komplikasi yang timbul yaitu dengan beberapa saran dibawah ini.

Perawatan Rumah pada Penderita Campak

1. Gunakan cairan bayi parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan demam dan nyeri yang timbul. Tapi ingat jangan memberikan obat aspirin pada individu yang masih berusia dibawah 16 tahun karena bisa menyebabkan gangguan lever pada anak. Bahkan menurut pendapat para ahli medis, penggunaan aspirin ini bisa menyebabkan sindrom Reye (pembengkakan pada otak).

2. Cara mengurangi ketidaknyaman pada penerita campak yaitu dengan mengurangi pencahayaan dalam kamar penderita.

3. Pada penderita campak yang mengalami batuk tentunya sangat mengganggu istrahat mereka dan bisa menimbulkan insomnia oleh karena itu kita bisa berikan obat batuk padanya. Tapi jangan berikan obat batuk pada anak di bawah usia enam tahun.

Pada anak yang berumur diatas satu tahun, cukup berikan satu sendok teh jus lemon dan dua sendok teh madu dalam segelas air hangat. Madu sebaiknya tidak diberikan kepada bayi di bawah usia 12 bulan

4. Menjaga penderita mengalami dehidrasi dengan memberinya air putih secara teratur.

5. Beberapa bentuk perawatan rumah pada penderita campak lainnya yaitu dengan memberinya suplemen vitamin A.

Cara menangani penderita campak diatas mungkin bisa dijadikan saran terbaik demi mengurangi ketidak nyamanan penderita dan membantu penderita melawan virus penyebab campak tersebut.