Waspadai Nyeri Tulang karena Metastase Kanker

Obat Nyeri TulangNyeri tulang tidak hanya terjadi karena pengaruh penyakit flu tulang atau chikungunya tetapi juga bisa disebabkan karena pengaruh kanker yang terjadi dan mulai metastasis ketulang atau dengan bahasa awamnya adalah penyebaran kanker kebagian tulang sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Seperti kita ketahui bahwa tidak semua kanker menimbulkan gejala yang bisa kita lihat secara langsung tanpa melalui diagnosa oleh dokter ahlinya. Oleh karena itu rasa nyeri tulang yang timbul juga perlu kita waspadai jangan sampai hal tersebut karena pengaruh penyebaran kanker.

Meskipun penyakit kanker tidak semuanya berpotensi melakukan metastasis ketulang tapi ada beberapa jenis kanker yang bisa bermetastasis pada tulang kita termasuk diantaranya adalah kanker payudara, paru-paru, tiroid, prostat, dan ginjal. Bahkan, tumor yang telah membesar dan telah menyebar ke kelenjar getah bening juga lebih mungkin untuk menyebar ke tulang.

Metastasis kanker ke tulang terjadi ketika sel-sel kanker dari kanker primer melepaskan diri dan mulai menyebar melalui aliran darah dan sistem limfatik sehingga bisa mempengaruhi organ seperti paru-paru, hati dan tulang yang sehat.

Mengenai metastasis kanker ketulang sendiri, bagian tulang yang paling umum terserang adalah tulang belakang, tulang paha, tulang lengan atas, tulang rusuk, pinggul dan tengkorak sehingga penderita merasakan rasa nyeri yang hebat pada area tulang yang terserang.

Gejala nyeri tulang karena metastasis kanker dapat dikenali dengan beberapa gejala yang bisa kita lihat seperti dibawah ini:

Gejala awal dari nyeri tulang yang disebabkan oleh kanker bermetastasis yaitu rasa nyeri mungkin datang dan hilang dengan sendirinya. Rasa nyeri ini terasa lebih menyakitkan disaat malam hari tetapi terasa lebih baik ketika kita selalu bergerak, namun dengan seiring waktu rasa sakit mungkin merasa lebih buruk meski kita selalu gerakkan dan rasa sakitnya menjadi lebih konstan.

Kanker yang tumbuh di tulang belakang dapat menempatkan tekanan pada sumsum tulang belakang. Hal ini dapat mempengaruhi saraf dan menyebabkan hilangnya mobilitas, otot terasa letih, mati rasa dan kesulitan saat buang air kecil.

Nah untuk mengetahui apakah nyeri tulang yang terjadi karena pengaruh metastasis kanker ke tulang atau pengaruh penyakit lainnya, kita bisa periksakan hal ini kedokter ahli tulang. Mungkin dokter anda melakukan tes pencitraan untuk metastasis tulang.

Tes pencitraan ini untuk melihat penyebab nyeri tulang yang terjadi dan apakah ada hubungannya dengan kanker atau tidak. Sinar – X dapat membantu menemukan daerah metastasis tulang dan mengkonfirmasi jika tulang mengalami kerusakan.

Dengan CT scan, scan MRI (Magnetic resonance imaging), scan PET (Positron emission tomography) juga dapat mendeteksi jika ada penyebaran kanker.

Perawatan termasuk untuk penyakit nyeri tulang akibat kanker yang bermetastasis ketulang bisa dilakukan dengan suntikan steroid, radiasi, kemoterapi, dan pembedahan.