7 Cara Alami Mengobati Sinusitis

Cara Mengatasi SinusitisCara mengobati sinusitis dapat ditempuh melalui pengobatan alami maupun dengan cara medis. Bahkan terkadang orang lebih percaya menggunakan cara alami karena biasanya lebih efektif dalam mengatasi sinusitis tersebut.

Tapi hal tersebut diatas bukan berarti bahwa obat yang diresepkan oleh dokter tidak manjur sama sekali dalam mengatasi sinusitis. Hal Ini tergantung dari pilihan kita sendiri dan cocok tidaknya untuk kita gunakan.

Sebelum membahas mengenai cara mengobati sinusitas ini mungkin tak ada salahnya jika membahas sedikit mengenai apa sesungguhnya penyakit sinusitis ini, apa penyebab sinusitis dan apa gejala yang kita rasakan sebelum gejala meningkat menjadi sinusitis yang parah.

Apa itu sinus ?
Sinus adalah rongga kecil yang berisi udara yang ada di tengkorak dan terhubung kesaluran napas hidung. Pada system pernafasan manusia, rongga atau sinus ini memiliki empat pasang rongga seperti  Sinus frontal pada dahi, sinus maksilaris letaknya di belakang pipi, sinus ethmoid terletak diantara mata dan sinus sphenoid terletak dibalik ethmoid.

Ke empat pasang sinus sering diistilahkan dengan sinus paranasal dan memiliki lapisan sel yang berfungsi untuk mengsekresikan lendir dan beberapa sel lainnya yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Gejala umum sinusitis sendiri seperti sakit kepala, nyeri pada wajah dan demamkarena pengaruh peradangan. Beberapa gejala umum lainnya termasuk perasaan hidung mengalami sumbatan, sakit pada tenggorokan dan terkadang menyebabkan batuk.

Pada beberapa individu mungkin mengalami rasa sakit pada gigi atau telinga bahkan sebahagian lainnya menyebabkan bau mulut.

Penyebab Sinusitis
Penyebab umum sinusitis karena pengaruh infeksi dan peradangan selaput lendir yang melapisi bagian dalam hidung. Peradangan ini bisa karena terinfeksi virus tertentu, bakteri, alergi rhinitis maupun karena pengaruh pilek yang parah dan berkepanjangan.

Pembengkakan atau peradangan pada selaput lendir ini menyebabkan terganggunay pengaliran cairan dari sinus kehidung dan tenggorokan. Hal ini menyebabkan penumpukan lendir dalam sinus sehingga menimbulkan tekanan dan rasa nyeri.

7 Cara Alami Mengobati Sinusitis

– Memperbanyak minum air untuk membantu menjaga penebalan lendir dalam rongga yang tersumbat.
– Menerapkan handuk yang telah direndam dengan air hangat atau pack gel kebagian wajah selama 5 hingga 10 menit beberapa kali sehari.
– Mandi dengan menggunakan air hangat serta hindari mandi air dingin
– Hindari berada didaerah udara yang panas.
– Gunakan air asin dalam mencuci lubang hidungg untuk membantu menjaga saluran hidung tetap terbuka dan mengeluarkan lendir yang masih melekat di dinding lubang hidung.
– Diet, dengan memperbanyak konsumsi bawang putih, jus lemon, buah anggur serta beberapa makanan yang tergolong anti inflamasi lainnya.
– Ramuan alami
Larutkan butiran garam 1 sdt kedalam air hangat lalu masukkan beberapa tetes air larutan kesalahsatu lubang hidung kemudian mringkan kepala kesamping sehingga memungkinkan air ramuan keluar melalui lubang hidung yang berlawanan. Hati-hati untuk tidak menegakkan kepala anda sebelum cairan tersebut keluar seluruhnya.

Cara mengobati sinusitis diatas biasanya sangat membantu dalam mengatasi peradangan sinus kita, namun jika cara-cara diatas belum bisa memberikan hasil yang maksimal, segeralah kunjungi dokter keluarga untuk mendapatkan saran yang terbaik dalam mengatasi masalah sinusitis tersebut.