7 Gejala Rematik Tulang yang Perlu Diwaspadai

Gejala Rematoid ArtritisGejala rematik tulang untuk setiap orang mungkin berbeda dan tergantung dari kondisi tubuh penderitanya. Pentingnya mengetahui gejala dini rematik tulang atau rematoid artritis ini tidak lain adalah untuk mencegah gejala rematik tulang agar tidak terus berlanjut ketingkat yang lebih parah.

Gejala rematik tulang yang dibiarkan begitu saja bisa mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya dan bisa menimbulkan kematian, khususnya ketika rematik tulang ini telah merusak organ jantung atau paru-paru kita.

Rematik tulang sendiri terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sinovium (lapisan membran penghasil cairan pelumas sendi yang mengelilingi sendi). Peradangan yang dihasilkan menyebabkan pengentalan cairan sinovium yang akhirnya dapat merusak tulang rawan dan tulang di dalam sendi kita.

Penyebab rematik tulang ini kemungkinan besar dokter tidak tahu penyebab utamanya meskipun pengaruh genetik bisa saja menjadi penyebabnya atau mungkin juga karena pengaruh lingkungan yang kurang sehat dimana virus atau bakteri bisa menyebabkan infeksi sebagai pemicu penyakit rematik tulang ini.

Dengan maksud tidak mengabaikan penyebab pasti rematik tulang ini, mungkin ada baiknya juga jika kita mengetahui bagaimana ciri dan gejala rematik tulang jika terjadi pada tubuh kita.

7 Gejala Rematik Tulang yang Perlu Diwaspadai

  1. Pembengkakan pada sendi dengan tekstur permukaan yang kemerahan dan lebih lembut.
  2. Bagian sendi yang meradang terasa lebih hangat.
  3. Sendi terasa kaku dipagi hari dan dapat berlangsung selama berjam-jam.
  4. Muncul benjolan pada jaringan di bawah kulit lengan (nodul rematik).
  5. Tubuh terasa kelelahan.
  6. Tubuh mengalami demam.
  7. Penurunan berat badan secara drastis

Biasanya gejala rematik tulang awalnya hanya mempengaruhi bagian sendi yang lebih kecil seperti sendi pada jari tangan dan kaki. Seiring dengan peningkatan penyakit, gejala mulai menyebar kesendi lutut, pergelangan kaki, siku, pinggul dan bahu.

Gejala rematik tulang memang tidak selalu sama untuk setiap individu tetapi dapat bervariasi dan tergantung pada tingkat keparahan penyakit ini. Tapi jika anda merasakan beberapa gejala rematik tulang diatas maka segeralah berkonsultasi dengan dokter anda untuk memperoleh petunjuk yang tepat untuk mengatasinya.