Penyebab Penyakit Asam Urat yang Perlu Diketahui

Makanan Pemicu Asam UratPenyebab penyakit asam urat atau gout karena penumpukan asam urat dalam darah. Asam urat merupakan produk limbah (purin) yang dibuat dalam tubuh setiap hari dan diekskresikan terutama melalui ginjal melalui urin.

Jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau mengeluarkan terlalu sedikit ketika buang air kecil, asam urat akan menumpuk dan dapat menyebabkan kristal kecil dalam dan sekitar sendi.

Pembentukan kristal-kristal ini dapat menyebabkan masalah pada lapisan lembut sendi ( sinovium ) yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan penyakit asam urat sendiri.

Masalah lain yang bisa timbul karena pembentukan kristal ini yaitu dapat menyebabkan kerusakan progresif pada tulang sendi dan sekitarnya. Kerusakan pada tulang sendi ini menyebabkan nyeri dan kekakuan sendi ketika sedang digerakkan.

Satu hal yang mesti kita ketahui pula bahwa penyakit asam urat dapat terjadi pada siapa saja utamanya pada laki-laki yang sudah berumur. Mengapa wanita kurang beresiko dibandingkan dengan kaum pria?

Hal ini disebabkan karena hormon estrogen pada wanita yang dilepaskan selama siklus reproduksi mempengaruhi tingkatkan ekskresi asam urat melalui ginjal sehingga kadar asam urat cenderung lebih terkontrol dibanding kaum pria.

Namun kaum wanita bukan berarti bebas dari asam urat ini. Karena ada beberapa faktor pemicu yang bisa menyebabkan peningkatan penumpukan asam asam urat pada sendi seperti dibawah ini:

• Kelebihan berat badan atau obesitas
• Menderita tekanan darah tinggi atau diabetes
• Faktor keturunan
• Individu yang mengalami masalah pada fungsi ginjal
• Sering mengkonsumsi makanan yang tinggi purin.
• Sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan minuman Bir.

Seperti kita ketahui pula bahwa pada sendi yang terkena asam urat menyebabkan kekakuan pada sendi, sulit untuk digerakkan, menimbulkan rasa ngilu dan nyeri yang hebat, peradangan dan pembengkakan pada sendi.

Oleh karena itu, mencegah adalah cara yang terbaik untuk bisa terhindar dari penyakit asam urat ini. Tapi jika terlanjur menderita penyakit asam urat ini, kita terpaksa melakukan pengobatan, baik dengan pengobatan medis maupun dengan mengkonsumsi obat-obatan tradisonal yang banyak dijual disekitar kita.

Untuk mengurangi gejala asam urat ini, kita bisa mengkonsumsi makanan yang rendah purin sambil mengkonsumsi obat pereda nyeri yang tentunya harus atas sepengetahuan dokter anda.